Prosumut
Ekonomi

Bangun Sosial Media Kreatif untuk Kembangkan Usaha

PROSUMUT – Sosial media dalam beberapa dekade terakhir, telah menjadi platform yang sangat penting dalam dunia bisnis. Bukan hanya sebagai alat pemasaran untuk produk dan layanan, tetapi juga sebagai wadah untuk pengembangan usaha secara keseluruhan.

Karena itu, Komisi I DPR RI bekerja sama dengan Ditjen APTIKA Kominfo mengadakan seminar dengan tema ‘Sosial Media untuk Pengembangan Usaha’. Seminar ini sebagai bentuk dorongan agar para pelaku bisnis segera bergerak memanfaatkan media sosial untuk pengembangan usahanya.

Owner Cincau Hijau dan Dapur Menu Lokal, Fabrizia Jettira mengatakan salah satu manfaat utama sosial media sebagai wadah untuk pengembangan usaha adalah kemampuannya untuk meningkatkan brand awareness.

“Dengan jangkauan yang luas dan kemampuan untuk terhubung dengan audiens secara real time, sosial media telah membuka pintu bagi pelaku usaha kecil maupun besar untuk memperluas jangkauan mereka dan memperkuat hubungan dengan pelanggan mereka.

Kami sendiri telah merasakan manfaat dari penggunaan media sosial terhadap usaha kami. Melalui konten yang relevan dan menarik, serta interaksi yang berkelanjutan, kami dapat menciptakan hubungan baik kepada para konsumen,” ujar Fabrizia dalam kegiatan seminar tersebut beberapa waktu lalu.

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid menyampaikan, penggunaan sosial media juga dapat membantu dalam mengumpulkan data dan mendapatkan wawasan yang berharga tentang perilaku konsumen.

“Melalui analisis data yang diperoleh dari interaksi pengguna di platform sosial media, pelaku usaha dapat memahami preferensi dan kebutuhan pelanggan mereka dengan lebih baik.

Namun, meskipun media sosial menawarkan berbagai manfaat untuk pengembangan usaha, penting untuk memperhatikan juga bahwa penggunaan yang tidak tepat dapat merugikan bisnis,” ungkap Meutya Hafid.

Meutya menambahkan dengan strategi pemasaran yang tepat, konten kreatif, dan konsistensi dalam berkomunikasi, penggunaan sosial media dapat menjadi kunci untuk mempercepat pertumbuhan bisnis.

“Mari bersama-sama memanfaatkan kekuatan sosial media untuk mengembangkan usaha kita, menjangkau lebih banyak pelanggan, dan mencapai kesuksesan yang lebih besar dalam pasar yang terus berkembang,” imbuhnya. (*)

Reporter: Nastasia

Editor: M Idris

Konten Terkait

Pentingnya Asuransi Kecelakaan, Sequis: Lindungi Finansial Nasabah

Editor prosumut.com

Hati-hati Beli Rumah, Ini Tips Paling Penting!

Editor prosumut.com

April 2019, Inflasi Medan 1,30 Persen

Ridwan Syamsuri