Prosumut
Kesehatan

Program JKN Banyak Manfaat dan Administrasi Mudah

PROSUMUT – Tujuh tahun terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Erika Gabriela Natalya Napitupulu (26) mengaku bersyukur ia sekeluarga telah mendapat perlindungan jaminan kesehatan oleh program yang diselenggarakan BPJS Kesehatan tersebut.

Hal itu ia ungkapkan saat akan mengurus kepesertaan JKN bayinya di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Medan.

“Saya sendiri memang belum pernah menggunakan Kartu JKN untuk berobat, namun jujur saya sangat bersyukur dengan adanya Program JKN. Rasanya aman kalau kita tahu kepesertaan JKN kita aktif.

Jadi jika sakit kita tidak perlu pusing terkait biaya, apalagi jika kita sedang tidak punya uang untuk berobat,” kata Erika, Kamis 16 Februari 2023.

Erika juga mengatakan, meskipun belum pernah merasakan manfaat JKN secara langsung selama ia menjadi peserta, tapi ia melihat ada banyak orang di sekitarnya yang pernah memanfaatkan JKN dan tidak merasa dikecewakan.

Sebaliknya, hampir semua orang yang ia kenal mengaku terbantu dengan adanya Program JKN ini.

“Saya merasakan sendiri saat lahiran saya harus membayar pribadi dengan biaya yang cukup besar, lalu saya bandingkan dengan tetangga saya yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Banyak sekali manfaat JKN ini, maka dari itu saya selalu menganjurkan untuk menggunakan Program JKN agar tidak perlu khawatir lagi masalah biaya pelayanan kesehatannya nanti jika dibutuhkan,” ujar Erika.

Tidak hanya itu, Erika juga menambahkan jika BPJS Kesehatan juga telah banyak memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses pelayanan kesehatan.

Misalnya, seperti keberadaan Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) yang mempermudah peserta Program JKN untuk mengubah data, fasilitas kesehatan dan lain-lainnya.

“Ketika sampai di sini, saya diinfokan tentang PANDAWA dan saya sangat terkesan. Hanya dengan chat melalui Whatsapp kita bisa mengubah kepesertaan kita.

Tidak perlu repot-repot ke kantor BPJS Kesehatan. Ini sangat memudahkan masyarakat, apalagi seperti saya yang mempunyai bayi kecil.

Rasanya lebih nyaman jika bisa mengurus semuanya dari rumah tanpa harus meninggalkan si kecil,” tutur Erika.

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada Program JKN. Menurutnya, Program JKN telah banyak membantu seluruh masyarakat Indonesia tidak hanya orang di sekitarnya. Manfaatnya besar dan administrasinya mudah.

“Dengan adanya JKN, masyarakat tidak perlu khawatir apabila terkena sakit mendadak dan tidak memiliki biaya.

Jadi kita harus terus pastikan kepesertaan kita aktif agar bisa merasakan manfaatnya apabila kita jatuh sakit suatu hari nanti,” tandas Erika. (*)

Editor: M Idris

BACA JUGA:  Fasilitas Tower A RSU Haji Medan Sudah Terisi 30 Persen

Konten Terkait

Kasus Sembuh Covid-19 di Sumut Terus Meningkat

Editor Prosumut.com

Insentif Covid-19 Nakes di RS Pirngadi Belum Dibayarkan

Editor Prosumut.com

Bayi Kembar Adam dan Aris Telah Jalani Operasi Perawatan Luka

Editor Prosumut.com