Prosumut
Ekonomi

Pertalife Insurance Tingkatkan Pemahaman Mahasiswa Soal Literasi dan Inklusi Keuangan

PROSUMUT – Untuk meningkatkan literasi keuangan di lingkungan masyarakat termasuk mahasiswa, PT Perta Life Insurance (PertaLife Insurance) menyelenggarakan seminar dengan tema Inklusi dan Literasi di Gedung FISIP USU, Medan, Selasa, 16 Mei 2023.

Direktur Utama Pertalife Insurance, Hanindio W Hadi mengatakan upaya peningkatan literasi dan inklusi keuangan di kalangan mahasiswa ini merupakan bagian dari program PertaLife Goes to Campus.

“Dalam program ini, kami memperkenalkan literasi keuangan, termasuk perencanaan dan penggunaan keuangan,” ujar Hanindio.

Melalui literasi keuangan, Hanindio berharap, pemahaman mahasiswa terhadap keuangan bertumbuh semakin baik.

Dengan demikian, mahasiswa bisa mengetahui cara mengelola uang yang baik, cara mengatur risiko keuangan dalam investasi, dan memahami penggunaan financial technology (fintech) agar terhindar dari pinjaman atau investasi legal yang saat ini marak terjadi.

Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan, indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68 persen, naik dibanding tahun 2019 yang hanya 38,03 persen.

Sedangkan indeks inklusi keuangan tahun ini mencapai 85,10 persen, meningkat dibanding periode SNLIK sebelumnya pada 2019 yaitu 76,19 persen. Hal tersebut menunjukkan gap antara tingkat literasi dan tingkat inklusi semakin menurun, dari 38,164 persen pada 2019 menjadi 35,42 persen pada 2022.

“Kegiatan seminar ini adalah salah satu bentuk komitmen Pertalife Insurance untuk turut berpartisipasi aktif dalam upaya peningkatan literasi asuransi kepada masyarakat,” terang Hanindio.

Sebagai perusahaan asuransi jiwa yang telah 38 tahun eksis di perasuaransian nasional, PertaLife berkewajiban untuk mendukung program Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Jika masyarakat, termasuk mahasiswa, paham tentang perencanaan keuangan tentu akan turut serta membangun ekonomi yang tangguh dan siap menghadapi kondisi apapun termasuk bila dalam kondisi resesi,” tambahnya.

Corporate Communication Pertalife Insurance, Ratih Triutami Wijayanti menyebutkan kegiatan PertaLife Goes to Campus merupakan rangkaian dari kegiatan menjelang 38 tahun PertaLife Insurance yang jatuh pada 28 Juni 2023.

Program serupa juga akan diselenggarakan di beberapa kota seperti Dumai, Surabaya, Semarang, dan Cilacap.

“Pertalife juga melakukan talkshow di radio-radio tentang pentingnya mempersiapkan masa depan melalui produk PertaLife Insurance, yaitu asuransi kesehatan serta pengelolaan dana pensiun,” tutur Ratih.

Sementara itu, Menteri Hubungan Alumni dan Prestasi Mahasiswa PEMA USU, Mahogra Yuda Muyassar menyampaikan apresiasinya atas inisiatif yang telah dilakukan PertaLife Insurance yang memberikan pengetahuan tentang perencanaan dan pengelolaan keuangan.

Melalu seminar singkat ini, dia berharap mahasiswa akan lebih memahami tentang pentingnya perencanaan keuangan bagi generasi muda.

“Kami mengimbau generasi muda untuk bisa mempersiapkan diri menghadapi segala kondisi. Generasi muda ini akan berperan besar dalam pertumbuhan ekonomi dan siap bila terjadi resesi,” ujar Mahogra. (*)

Editor: M Idris

BACA JUGA:  Anggota DPRD Sumut Sebut Operasi Pasar Kurang Efektif Atasi Beras Mahal

Konten Terkait

Corona Mengganas, Kabar Baik Buat Emas

admin2@prosumut

Diplomasi “Jebakan” Utang China

Val Vasco Venedict

Wow, Ada Rp 1.300 Triliun Aset WNI di Luar Negeri Tak Masuk Tax Amnesty

Val Vasco Venedict