Prosumut
Pendidikan

Festival Literasi Sumut 2023, Wadah Menguatkan dan Meningkatkan Sinergi

PROSUMUT – Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengadakan Festival Literasi Tahun 2023. Kegiatan festival tersebut digelar di Aula Sisingamangaraja XII, Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sumut, Medan, selama empat hari (25-28 September 2023).

Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumut, Hidayat Widianto menjelaskan, kegiatan festival ini merupakan wadah untuk saling berkomunikasi dalam rangka menguatkan dan meningkatkan literasi di Sumut.

“Saya berharap, melalui diskusi-diskusi yang produktif dalam kegiatan ini bisa memberikan masukan untuk membuat agenda atau hal-hal yang akan dilakukan dalam rangka penguatan dan meningkatkan literasi di Sumut ke depannya,” ucap Hidayat saat membuka Festival Literasi Tahun 2023, Senin 25 September 2023.

Menurutnya, latar belakang diadakannya kegiatan ini salah satunya dari inventarisasi komunitas literasi di Sumut tahun 2022 dan 2023. Dari inventarisasi itu, dilakukan pengkategorian komunitas literasi mulai dari kategori A, B, dan C.

“Komunitas literasi kategori A merupakan paling baik, artinya mereka sudah memenuhi kaidah untuk mengadakan aktivitas literasi dan kelengkapannya.

Karena itu, kami berharap melalui kegiatan peningkatan literasi seperti ini, kegiatan literasi bisa meningkat untuk masyarakat. Selain itu, juga peningkatan manajerial di komunitas literasi itu sendiri.

Sebab, selama kegiatan itu, kami mengundang sejumlah narasumber untuk menguatkan mereka agar komunitas literasi yang lain bisa mengambil ilmu dari komunitas literasi kategori A,” terang Hidayat.

Adapun narasumber yang dihadirkan, kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumut, Wien Muldian (Ketua Umum Perkumpulan Literasi Indonesia), Benny Arnas (praktisi literasi, penulis, sastrawan), Nany Susilawati (Sekretaris Persatuan Origami Sumut), Ismail Pong (Ketua Forum TBM Sumut).

Hidayat juga berharap, komunitas literasi kategori A bisa menguatkan komunitas literasi yang lain. Selain itu, berbagi praktik baik agar tingkat literasi semakin meningkat.

“Komunikasi yang lebih intens membahas isu literasi, tentunya dapat merumuskan berbagai hal yang akan dilakukan nantinya dalam membangun literasi khususnya di Sumut.

Apalagi, membangun literasi ini bukan hanya tanggung jawab dari satu lembaga tetapi semua unsur baik tingkat kabupaten/kota, provinsi, maupun nasional,” ujarnya.

Dia menambahkan, lewat kegiatan ini diharapkan pula bisa saling berbagi sumber daya untuk saling menguatkan, membangun silaturahmi pemangku kepentingan setempat dan memaksimalkan Kedan Literasi, wadah atau alat untuk meningkatkan literasi.

Sementara itu, Ketua Panitia, Hartono menyampaikan, tema yang diangkat dalam Festival Literasi 2023 yaitu ‘Literasi Sejak Dini, Literasi Dari Hati’. Tema tersebut diusung untuk menggaungkan dan menguatkan sinergi pemerintah yang menaungi literasi nasional bersama komunitas literasi di wilayah Sumut.

“Kegiatan ini diikuti oleh 80 pegiat literasi yang berasal dari 34 komunitas literasi di 11 kabupaten/kota Provinsi Sumut. Selain pelatihan, pameran produk, dan diskusi literasi, dalam kegiatan itu juga diadakan perlombaan mengenai literasi,” ujarnya. (*)

Editor: M Idris

Teks foto: Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumut, Hidayat Widianto memberikan piagam penghargaan kepada komunitas literasi.

Konten Terkait

Konsep RUU Guru Dibahas, Sarjana Non-Dik Tak Boleh Lagi Mengajar

Editor prosumut.com

Demi Masa Depan Anak, Bangun Kompetensi 5C Pada Periode Emas

Editor prosumut.com

Dana BOS Naik Rp 800 M, Tiap Siswa SD Rp 800 Ribu/Tahun, SMP/SMA Rp 1 Juta/Tahun

Val Vasco Venedict