Prosumut
Kesehatan

Antisipasi Caleg Stres Gagal Pemilu 2024, RSJ Prof Dr M Ildrem Provsu Tambah 100 Bed

PROSUMUT – Mengantisipasi lonjakan pasien dari Calon Legislatif (Caleg) yang stres atau mengalami gangguan kejiwaan akibat gagal dalam pertarungan di Pemilu 2024, Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof Dr M Ildrem Provinsi Sumatera Utara (Provsu) menambah 100 tempat tidur (bed).

Direktur Umum RSJ Prof Dr M Ildrem, drg Ismail Lubis mengatakan saat ini rumah sakit milik Pemprov Sumut tersebut memiliki kapasitas sekitar 300 bed dengan tiga kelas, yaitu Kelas 1, Kelas 2 dan Kelas 3. Untuk pasien yang dirawat, jumlahnya sekitar 200 lebih.

“Kami di rumah sakit jiwa ini jauh sebelum momen Pemilu 2024 kita sudah siap. Kita punya kapasitas sekitar 300 bed dan akan ada penambahan 100 bed lagi,” ujar Ismail Lubis, Selasa 12 Desember 2023.

Ia menuturkan kepada para Caleg yang bertarung pada Pemilu 2024 agar memiliki mental yang kuat jika nantinya tidak terpilih atau kalah.

“Agar tidak mengalami gangguan jiwa karena gagal, (para Caleg) harus menjunjung tinggi sportivitas. Artinya, siap menang, siap kalah. Dengan begitu, mental yang dimiliki tersebut siap menghadapi hal-hal yang akan terjadi,” ujar Ismail.

Lebih lanjut dia menegaskan, rumah sakit jiwa adalah layanan kesehatan untuk berobat bukan panti atau tempat penitipan. “Selama ini keluarga pasien menjadikan rumah sakit ini sebagai panti. Padahal, kesembuhan pasien itu harus ada kerjasama antara keluarga dan dokter penanggung jawab.

Begitu pasien pulang ke rumah, jangan ada lagi stigma negatif terhadapnya. Mari kita jaga dan rawat keluarga kita dengan melakukan kontrol rutin dan mengingatkan minum obat secara teratur agar mereka bisa produktif seperti kita,” jelasnya.

Ismail menambahkan, selama ini persepsi masyarakat terhadap RSJ hanya melayani pasien dengan gangguan jiwa. Padahal, di RSJ memiliki layanan kesehatan lain yakni layanan dokter anak, penyakit dalam, gigi, neurologi, kulit hingga radiologi. (*)

Editor: M Idris

Teks foto: Direktur Umum RSJ Prof Dr M Ildrem, drg Ismail Lubis didampingi jajaran melihat kesiapan kamar untuk pasien gangguan jiwa.

Konten Terkait

BKKBN Tekankan Pentingnya 4T Atasi Masalah Stunting

Editor prosumut.com

Dunia Kesehatan Sambut Positif Kehadiran Vaksin COVID-19

Pro Sumut

Isu Soekirmn Terpapar Covid-19 di Medsos, Ini Katanya

admin2@prosumut