Prosumut
Ekonomi

UMKM Binaan TPL Ramaikan F1 Powerboat World Championship 2023

PROSUMUT – Pencinta kopi yang berkunjung ke lokasi F1 Powerboat World Championship 2023, di Balige wajib singgah ke stand UMKM binaan PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL).

UMKM binaan TPL tersebut, adalah Komunitas Penggiat Kopi (Kompak) yang juga tergabung dalam lembaga Media Tani Lestari (Metal). Di stand itu, tersaji kopi dengan cita rasa khas Parapat, Kabupaten Simalungun.

Melalui binaan TPL, UMKM itu menyajikan rasa dan aroma tak kalah dengan brand-brand ternama bisnis minuman kopi.

Ada berbagai jenis rasa yang disediakan oleh barista D’bRing’S Kopi Robusta dan Parkopi Kopi Arabika Parapat.

Salah satu keunggulan minuman kopi yang dapat dicoba adalah Infused Kopi.

“Best seller kami adalah Infused Kopi. Selain itu, ada juga berbagai menu hidangan kopi lainnya, seperti kopi hitam, kopi susu, kopi susu gula aren, Vietnam Drip, Americano, Espresso Double, sanger.

Kemudian, kopi lemon, kopi lesehan serta cappucino yang biji kopinya berasal dari Parapat, Simalungun,” beber barista D’bRing’S Kopi Robusta dan Parkopi Kopi Arabika Parapat, Martua Hutapea dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu 26 Februari 2023.

Ia mengaku senang bisa berpartisipasi meramaikan event internasional F1 Powerboat Danau Toba. Hal ini tentunya berkat dukungan TPL dan pemerintah yang selalu membantu dalam setiap event yang mereka ikuti.

“Kami ucapkan terima kasih atas dukungan TPL, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Simalungun yang telah memberikan kesempatan bagi kami untuk mempromosikan minuman kopi D’bRing’S bagi wisatawan lokal maupun mancanegara,” ucapnya.

Pemilik D’bring’S Kopi Robusta Parapat Simalungun, Affrenton Sembiring berterima kasih atas dukungan yang diberikan TPL, Metal dan IPJI DPC Siantar Simalungun.

“Kami berterima kasih atas dukungan TPL, Metal dan IPJI Siantar Simalungun pada pelaksanaan Event F1PowerBoat di Balige (24-26/2/2023),” ujarnya.

Kata dia, TPL sebagai bapak angkat UKM Jurnalis, dalam beberapa event berskala nasional juga melibatkan Kompak.

“Dua kali Kejuaraan Rally Nasional yang berlangsung di konsesi HTI TPL, mengajak Kompak untuk menampilkan ciri khas minuman kopi asal Parapat Simalungun. Kegiatan itu sangat berharga bagi kami,” cetusnya.

Ia menerangkan, asal usul kopi yang diracik Kompak berasal dari kebun sendiri dari Desa Simpangan Bolon Kecamatan Parapat Kabupaten Simalungun.

“Biji kopinya berasal dari kebun sendiri, petik sendiri dan olahannya juga dilakukan sendiri. Jadi, citra rasa kopi Parapat tidak kalah dengan daerah penghasil kopi lainnya,” bebernya.

Manager Media Relation TPL, Dedy Armaya didampingi Indra Sianipar dan Chistin Tampubolon dalam event F1 Powerboat Danau Toba menyempatkan waktu menyinggahi stand Kompak – D’bring’S Kopi Robusta dan Parkopi Kopi Arabika Parapat.

Dedy Armaya mencicipi sajian kopi Parapat. “Mantap, citra rasa kopi Parapat ini. Bagi pengunjung perhelatan F1 Powerboat Lake Toba harus mencoba mencicipinya,” sebutnya.

Dedy mengakui, Kompak – D’bring’S Kopi Robusta dan Parkopi Kopi Arabika Parapat merupakan salah satu binaan perusahaan TPL.

“Kita (TPL) membuka diri bagi komunitas-komunitas UKM Media dan jurnalis yang berada di wilayah operasional perusahaan untuk bersinergi, baik dalam bentuk pembinaan.

Salah satunya adalah Kompak yang merupakan Komunitas UKM Jurnalis yang telah membentuk kelompok Media Tani Lestari Simalungun bersama para peracik kopi yang handal, sudah memiliki kualifikasi 100 persen halal membuat kami dari pihak TPL semakin tertarik bekerjasama,” ujar Dedy. (*)

Reporter: Nastasia

Editor: M Idris

BACA JUGA:  Pertamina UMK Academy 2024 Beri Energi Baru Menuju UMK Maju

Konten Terkait

Shopee Kampanyekan Shopee 3.3 Fashion Sale

Editor prosumut.com

Jelang Ramadhan, Pemerintah Klaim Stok Bahan Pokok dan BBM Aman

Editor prosumut.com

Mendag Lutfi: ASEAN Harus Kompak Respon Perkembangan Ekonomi Dunia

Editor prosumut.com