Prosumut
Kesehatan

Apapun Sakitnya, Program JKN Solusinya

PROSUMUT – Ira Goesty Ayu sudah lama mempercayakan perlindungan jaminan kesehatannya kepada Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Sebagai peserta Program JKN yang telah lama terdaftar, Ira pernah merasakan manfaat dari program tersebut.

Wanita berusia 30 tahun ini beberapa kali mendapatkan perawatan di rumah sakit, mulai dari penyakit ringan hingga kronis. Berbagai pengalaman telah dia rasakan ketika dirawat di rumah sakit, bahkan ada beberapa kejadian yang sangat berbekas di hatinya hingga sekarang.

“Saya itu memang sering sakit-sakitan dari kecil sampai sekarang. Kalau dulu waktu kecil saya sudah lupa bagaimana sistem berobatnya, tetapi semenjak dewasa saya jadi peserta JKN dan selalu menggunakan itu. Satu keluarga saya juga pakai jaminan dari BPJS Kesehatan ini. Belajar dari pengalaman, karena melihat saya yang sakitnya suka datang tiba-tiba,” ujar Ira mengawali ceritanya, Rabu 29 November 2023.

Ira menceritakan, di tahun 2017 dirinya merasakan ada benjolan di area perutnya. Namun, tidak langsung memeriksakan benjolan itu ke rumah sakit. Sebab, menurutnya, pertama kali benjolan itu muncul tidak ada rasa sakit. Namun karena tubuh Ira rentan, Ira pun merasa kalau ada yang tidak beres.

“Pada saat itu juga lagi masa-masanya pekerjaan menumpuk. Jadi, walaupun saya sudah ada feeling tidak baik, tapi saya tetap tidak ada waktu untuk periksa ke dokter. Sampai suatu ketika, akhirnya saya tidak bisa menunda-nunda lagi dan memutuskan untuk memeriksakan diri,” ungkap Ira.

Selanjutnya, diharuskan menjalani operasi hernia untuk mendorong organ yang menonjol keluar agar kembali ke tempat semula.

Ada beberapa jenis operasi yang dapat dilakukan untuk penyembuhan hernia, salah satunya adalah bedah terbuka. Metode ini menjadi pilihan Ira sebagai jalan untuk kesembuhan penyakit hernianya tersebut. Wanita ini juga mendapatkan pelayanan yang cepat dan tanggap sehingga pemulihannya tidak terlalu lama.

“Saya sangat sering menggunakan BPJS Kesehatan untuk perobatan saya. Akan tetapi, sakit yang saya alami bukan jenis yang berat dan genting seperti hernia ini.

Khawatir juga awalnya, takut terjadi sesuatu. Walaupun sudah biasa sakit, tapi kalau dioperasi seperti ini saya takut juga. Tapi ternyata setelah dijalani, tidak menakutkan yang dipikirkan,” ujar Ira.

Selama berobat sebagai peserta JKN, tidak sekalipun fasilitas kesehatan menganggap remeh penyakit Ira walau itu hanya sakit ringan. Sakit ringan yang dimaksud Ira pada pembicaraan ini seperti demam tinggi, flu, batuk, dan permasalahan gigi.

Dia juga menambahkan, ia selalu melakukan kontrol kesehatan rutin dengan memanfaatkan Program JKN di klinik yang terdaftar dengan hasil yang memuaskan.

“Mungkin karena sering sakit jadi saya sering merasakan dampak positif yang luar biasa dari BPJS Kesehatan. Beruntunglah mereka yang masih diberi kesehatan karena menurut saya sehat itu mahal.

Dengan adanya BPJS Kesehatan membuat beban saya sedikit berkurang, khususnya dari segi beban biaya. Menurut saya ini pengalaman yang meninggalkan kesan mendalam,” ucap Ira.

Ia pun berharap agar masyarakat untuk selalu siaga terhadap hal-hal yang tidak bisa diprediksi, seperti permasalahan kesehatan. Tak lupa Ira turut mengajak masyarakat untuk memanfaatkan Program JKN di waktu sakit dan mengikuti peraturannya sebagai peserta saat berobat ke fasilitas kesehatan.

“Selain saya merasa dibantu oleh BPJS Kesehatan, secara tidak langsung juga saya membantu orang lain ketika sakit. Jadi, marilah kita ikuti program jaminan kesehatan yang dikelola BPJS Kesehatan ini dan saling berdampingan meraih Indonesia yang lebih sehat,” pungkas Ira. (*)

Editor: M Idris

Konten Terkait

Antisipasi Corona di Langkat, Pekerja Asing PLTU Diperiksa

Editor prosumut.com

Pemerintah Korsel Berkunjung ke RSU Haji Medan, Beri Pinjaman Bangun Tower B

Editor prosumut.com

Inilah Sosok 4 Balon Ketua IDI Sumut

Editor prosumut.com