Prosumut
Pemerintahan

Bupati dan Wabup Asahan Sidak Perdana ke Sejumlah Instansi

PROSUMUT – Sejak dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Asahan oleh Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi pada 26 Februari 2021, H Surya dan Taufik Zainal Abidin Siregar melakukan sidak ke sejumlah dinas dan instansi terutama terkait pelayanan publik, Rabu 3 Maret 2021.

“Sidak yang kami lakukan pada hari ini, bertujuan untuk melihat secara langsung pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat Kabupaten Asahan, apakah pelayanannya sudah maksimal atau belum,” ucap Bupati.

Pelayanan prima kepada masyarakat menjadi catatan penting menurut Bupati, apalagi jika ada kekurangan, harus semaksimal mungkin diperbaiki. Agar masyarakat merasa nyaman.

adapun poin penting di masa periode kepemimpinan saat ini kata Surya, adalah 3T yaitu tertib administrasi, tertib anggaran dan tertib bertugas. Sehingga apa yang menjadi visi misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan yakni Terwujudnya Asahan yang Sejahtera, Religius dan Berkarakter dapat dicapai.

BACA JUGA:  Pj Bupati Langkat Berkomitmen Selesaikan Dugaan Perselingkuhan Kades Serapuh Asli

“Kepada masyarakat Kabupaten Asahan saya meminta untuk tidak menggunakan calo dalam mengurus administrasinya, lakukan segala sesuatunya dengan prosedur yang telah ditentukan,” sebut Surya.

Khusus di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Surya menyampaikan bahwa pihaknya telah membuka pelayanan penerbitan Kartu Keluarga (KK) dan Akte Kelahiran yang ditujukan untuk 6 Kecamatan yakni Pulaurakyat, Bandarpulau, Aeksongsongan, Aekledong, Rahuning dan Aekkuasan.

“Dan untuk Kecamatan lainnya akan kami lakukan secara bertahap, karena melihat keterbatasan peralatan yang ada,” katanya.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi jarak tempuh yang cukup jauh bagi masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukannya.

BACA JUGA:  Volunteer PON XXI Aceh-Sumut Pecahkan Rekor MURI, Pj Bupati Faisal Hasrimy Apresiasi Peran Relawan Langkat

“Jadi bagi masyarakat Kabupaten Asahan yang tinggal di 6 Kecamatan tersebut dapat mengurus Administrasi Kependudukannya berupa KK dan Akte Kelahiran di Kantor Camat Pulau Rakyat tanpa harus langsung pergi ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Asahan yang letaknya jauh dari Kecamatan tersebut,” ungkap Surya.

Saat ini katanya, Disdukcapil Asahan sedang melakukan persiapkan untuk dapat melakukan pencetakan KTP di Kantor Camat Pulaurakyat yang menjadi sektor dari 6 kecamatan tersebut dalam pengurusan Administrasi Kependudukan.

Pemkab Asahan juga telah memiliki program Togap atau Transportasi Ojek Antar Adminduk Kependudukan tambah Surya. Yakni layanan antar langsung berkas adminduk ke orang yang bersangkutan langsung. Meskipun saat ini masih di dua kecamatan yakni Kisaran Barat dan Kisaran Timur.

BACA JUGA:  Volunteer PON XXI Aceh-Sumut Pecahkan Rekor MURI, Pj Bupati Faisal Hasrimy Apresiasi Peran Relawan Langkat

Selain itu, Bupati dan Wakil Bupati Asahan bersama rombongan juga sidak ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu. Langkah itu untuk melihat pelayanan publik terkait pengurusan perizinan berbasis digital, termasuk regulasi investasi, data informasi dan lainnya.

Begitu juga sidak di RSUD Hams Kisaran, Surya menyebutkan rencana peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, terutama kepada tenaga medis/kesehatan yang berurusan dengan pasien atau keluarga pasien.

“Mari bersama-sama membangun Asahan lebih baik lagi ke depan. Jangan lupa tetap jaga  protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (*)

 

Reporter : Nikmatullah Johari
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Bupati Labuhanbatu Subuh Berjamaah Bersama Ratusan Warga Aekpaing

Editor Prosumut.com

Bentuk Dasa Wisma di Seluruh Desa, Ini Perintah Bupati Batu Bara

Editor prosumut.com

Zakat ASN Labuhanbatu Terkumpul Rp3,5 Miliar, Ini Kata Bupati

admin2@prosumut

KPU Luncurkan Maskot dan Jingle Pilkada Binjai

Editor prosumut.com

Bupati Franc Serahkan Puluhan Tong Sampah di Desa Siempat Rube II

Editor prosumut.com

Bahrumsyah Jadi Wakil Ketua DPRD Medan, Ini Kata Akhyar

Editor prosumut.com
PROSUMUT
Inspirasi Sumatera Utara