Prosumut
Kesehatan

UHC JKMB Dorong Peningkatan Kunjungan Pasien Rawat Inap di RSUD Pirngadi Medan

PROSUMUT – Jumlah kunjungan masyarakat ke RSUD Dr Pirngadi Medan mengalami peningkatan. Rata-rata perhari jumlah kunjungan pasien rawat inap sekitar 80-100 pasien.

Kasubag Hukum dan Humas RSUD dr Pirngadi Medan, Edison Perangin-angin menyatakan, meningkatnya kunjungan pasien tak terlepas adanya program Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Medan Berkah (JKMB).

“Dengan adanya UHC jumlah kunjungan pasien rawat inap mengalami peningkatan. Dengan adanya program ini masyarakat bisa mengakses pelayanan kesehatan dengan menggunakan KTP Medan, meski memiliki tunggakan iuran atau belum terdaftar sama sekali di BPJS Kesehatan,” ungkap Edison, Kamis 6 April 2023.

Menurut Edison, secara bertahap warga mulai memahami prosedur ini. Artinya, sebelum berobat ke rumah sakit, warga harus mendapat rujukan dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau puskesmas. Namun, bagi pasien yang dalam keadaan emergency, lanjutnya, bisa langsung ditangani di rumah sakit.

Untuk pasien yang datang malam hari tanpa rujukan dari Puskesmas dan keadaan emergency namun tidak mempunyai BPJS atau terdaftar di BPJS tetapi menunggak, sepanjang mempunyai KTP Medan tetap akan dilayani.

Sementara itu, salah seorang warga yang telah merasakan manfaat dari Program UHC JKMB ini adalah Supriadi. Warga Medan Labuhan ini mengaku sangat terbantu adanya program tersebut sebab dirinya dapat membawa sang istri Erawati kerumah sakit untuk bersalin.

“Program UHC JKMB ini sangat bermanfaat, kemarin disaat istri hendak bersalin saya tidak berani membawa kerumah sakit, karena BPJS yang saya miliki menunggak lama.

Namun setelah mengetahui program UHC JKMB saya beranikan diri membawa istri, ternyata dilayani baik dengan pihak rumah sakit. Istri saya pun dalam menjalani persalinan dengan lancar,” ujarnya.

Dia mengaku, program yang dicanangkan Wali Kota Medan Bobby Nasution benar-benar sangat membantu masyarakat kurang mampu yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Untuk itu, Supriadi mengucapkan terima kasih kepada Bobby Nasution.

“Saya berterima kasih kepada Wali Kota Bobby Nasution. Program UHC JKMB ini sudah membantu keluarga yang kurang mampu termasuk keluarga kami,” ucapnya. (*)

Reporter: Nastasia

Editor: M Idris

BACA JUGA:  Fasilitas Tower A RSU Haji Medan Sudah Terisi 30 Persen

Konten Terkait

Hasil Uji Lab, Bungkus Ranitidin Juga Tercemar NDMA

Editor prosumut.com

PDP Covid-19 Melahirkan di RSUD Rantauprapat, Kondisinya Sehat

admin2@prosumut

Lifepack Bantu Penuhi Kebutuhan Obat dan Vitamin Pasien Isoman

Editor prosumut.com