Prosumut
Otomotif

Resmi Diluncurkan di Medan, Ini Keunggulan All New Astra Daihatsu Ayla

PROSUMUT – PT Astra Internasional Tbk – Daihatsu meluncurkan All New Astra Daihatsu Ayla di Medan. Mobil LCGC (Low Cost Green Car) ini akan dipamerkan di Plaza Medan Fair.

Deputy Marketing Division PT Astra International Tbk Daihatsu, Tri Mulyono mengungkapkan, hadir dengan platform baru dan berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture), All New Astra Daihatsu Ayla memiliki sederet keunggulan yang dimilikinya.

Seperti, desain yang modern dan stylish, berteknologi terkini, performa prima, fitur keselamatan dan kenyamanan yang lebih lengkap.

Selain itu, efisiensi bahan bakar yang lebih baik, sekaligus dengan harga yang tetap value for money di kelasnya atau terjangkau.

“All New Astra Daihatsu Ayla merupakan platform DNGA ketiga yang diproduksi oleh Daihatsu di Indonesia setelah Rocky, dan All New Xenia yang telah diluncurkan pada 2021. Mobil ini tetap menjadi kendaraan bersegmen LCGC di Indonesia.

Kami berharap All New Astra Daihatsu Ayla dapat menjadi pilihan yang cocok bagi pelanggan yang membutuhkan mobil pertama dalam melengkapi kebahagiaan keluarga Indonesia pada beragam aktivitas,” ujar Tri saat peluncuran mobil tersebut di Medan, Selasa 21 Maret 2023.

Tri menjelaskan, All New Ayla memiliki tiga keunggulan utama. Pertama, lebih valuable. Eksterior tampil powerful dan agresif, ditambah desain baru alloy wheel berdiamater 14 inch.

Kemudian, terdapat fitur terkini seperti LED Headlamp, dan DRL (Daytime Running Light) yang membuat tampilannya semakin modern serta aerodinamis.

Pada sisi interior, cockpit dashboard juga tampil modern dan sporty dengan nuansa advance feeling.

Di samping itu, ditambah desain meter cluster baru yang informatif dan pengaturan AC digital modern yang membuat pengaturan suhu kabin menjadi lebih mudah.

Untuk performa, tersedia dengan dua pilihan mesin baru yaitu 1.2L WA-VE DOHC Dual VVT-i dan 1.0L KR-VE DOHC VVT-i.

All New Astra Daihatsu Ayla juga dilengkapi dengan transmisi D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission), yang membuat akselerasi kendaraan lebih halus dan bahan bakar lebih efisien.

Dalam fitur keselamatan, mobil ini dilengkapi dengan Dual SRS Airbag pada seluruh varian serta Seat Belt Reminder untuk pengemudi dan penumpang.

Bahkan, pada beberapa varian juga memiliki fitur keselamatan terkini seperti HSA (Hill Start Assist) yang berfungsi mencegah mobil bergerak mundur saat berhenti di tanjakan selama beberapa waktu.

Lalu, VSC (Vehicle Stability Control) yang berfungsi menjaga kestabilan kendaraan selama melaju

Serta, ABS (Antilock Brake System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution) untuk memaksimalkan performa pengereman kendaraan agar lebih aman.

Keunggulan kedua, yaitu comfort. Dalam hal kenyamanan berkendara, mobil ini memiliki tingkat stabilitas yang lebih handal dan lebih senyap berkat penyematan platform DNGA serta teknologi suspensi yang baru.

Sedangkan pada fitur kenyamanan lainnya, juga telah dilengkapi Engine Push Start-Stop button, ditambah Tilt Steering untuk mempermudah pengaturan posisi stir kemudi ketika akan berkendara.

Untuk keunggulan ketiga, yakni compact. Mobil ini memiliki dimensi PxLxT 3.760 x 1.665 x 1.515 (mm) serta kapasitas bagasi yang lebih luas menjadi 265 Liter, sehingga membuat aktivitas harian lebih nyaman.

Dengan ground clearance setinggi 160 mm, radius putar 4,4 meter, serta sistem kemudi bertipe EPS (Electric Power Steering), membuat Ayla cocok menemani aktivitas harian mulai dari yang biasa melewati jalanan yang sempit, hingga berbagai area perkotaan di Indonesia.

“Ayla tersedia dalam tiga varian utama, mulai dari varian M, X, dan R. Ditambah lagi, varian aksesoris terlengkap ADS (Astra Daihatsu Styling) yang terdapat pada varian X hingga R,” terang Tri.

Ia menambahkan, dengan sederet keunggulan yang dimiliki, Ayla ditawarkan dengan harga mulai dari Rp148 juta hingga Rp203,9 juta.

“Ayla tersedia delapan pilihan warna dengan tiga warna terbaru, Ruby Red Metallic Compagno Red, dan Metallic Orange,” imbuhnya.

Regional Head Sumbagut PT Astra International Daihatsu, Edy Susanto menuturkan, dengan sederet keunggulan yang dimiliki, All New Ayla diyakini bisa diserap pasar hingga 180 unit.

Sementara itu, Pimpinan Cabang Astra Daihatsu Medan Sm Raja, Alex Budianto mengaku, Daihatsu secara nasional berhasil meraih penjualan positif menjelang akhir Kuartal I 2023.

Secara nasional, penjualan ritel otomotif di Indonesia hingga Februari 2023 mencapai sekitar 174 ribu unit atau naik 17,7 persen dibanding periode yang sama tahun 2022 lalu sebanyak 148 ribu unit.

“Pada periode yang sama, penjualan Daihatsu mencatatkan lebih dari 39 ribu unit atau naik sekitar 27,5 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sekitar 30 ribu unit. Dari capaian tersebut, berkontribusi terhadap market share otomotif nasional sebesar 22,3 persen,” ungkap Alex.

Secara volume dan kontribusi model, kata Alex, penjualan ritel Daihatsu pada hingga Februari 2023 didominasi oleh top 3 model, yakni Sigra sebanyak 10.804 unit (27,7 persen), Gran Max Pick Up 9.371 unit (24 persen) dan Xenia 5.052 unit (12,9 persen).

Sedangkan untuk Ayla sendiri mencapai 4.979 unit (12,7 persen), belum termasuk All New Ayla.

Owner IMS Organizer, Indra Yones menuturkan, Daihatsu menawarkan banyak promo dan hadiah menarik apabila membeli Ayla. Salah satunya, terdapat sembilan paket umrah.

“Kita sangat mendukung peluncuran brand Daihatsu di Medan ini. Kami dari event organizer berharap All New Astra Daihatsu Ayla semakin banyak peminatnya,” ujarnya. (*)

Reporter: Nastasia

Editor: M Idris

Konten Terkait

BMW Luncurkan The New 7 di Medan, Dibanderol Rp 1,829 M dan Rp 2,299 M

Editor prosumut.com

Cuma Sekali Cas, Motor Listrik ini Tembus Medan-Banda Aceh

Val Vasco Venedict

All New Fortuner, untuk Kaum Muda yang Sporty

Ridwan Syamsuri