Prosumut
Ekonomi

Pertamina Pastikan Stok BBM dan LPG di Sumut Aman Selama Ramadan dan Libur Lebaran

PROSUMUT – Pertamina melalui Patra Niaga Regional Sumbagut memastikan ketersediaan stok bahan bakar minyak (BBM) dan Liquified Petroleum Gas (LPG) di Sumatera Utara (Sumut) selama ramadan dan libur lebaran idul fitri aman.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Freddy Anwar menyatakan, permintaan BBM dan LPG pada masa ramadan dan libur lebaran akan naik dari biasanya.

Karen itu, Pertamina menyiagakan sebanyak 381 SPBU baik di jalur wisata dan jalur utama mudik.

“Kita prediksi permintaan bahan bakar akan mengalami kenaikan di masa ramadan dan libur lebaran, kecuali untuk solar karena memang untuk angkutan akan menurun.

Untuk gasoline mungkin naik lebih kurang 9 persen. Kemudian LPG naik lebih kurang 8 persen.

Sementara gasoil kita prediksi turun 9 persen lantaran industri pada meliburkan diri dan juga angkutan logistik dibatasi oleh pemerintah daerah,” ujar Freddy didampingi jajaran saat temu pers Kesiapan Satgas RAFI 2024 di Medan, Senin 25 Maret 2024 malam.

Kata Freddy, untuk mendukung layanan yang prima kepada masyarakat Pertamina menyiapkan berbagai fasilitas tambahan mulai dari SPBU Motoris yang tersedia di Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Riau.

“Di Sumatera Utara, SPBU Motoris ini ada di Simalungun, Karo, Deli Serdang, Asahan, Tebing Tinggi, Serdang Bedagai, dan Toba.

SPBU Motoris ini adalah petugas pembawa BBM yang mengendarai motor selama arus mudik-balik lebaran 2024. Ada 18 SPBU Motoris yang kita hadirkan untuk area yang tidak terjangkau SPBU Reguler ” ungkapnya.

Selain itu, Pertamina juga menyediakan 31 SPBU Kantong yang bertujuan untuk mengantisipasi pasokan SPBU apabila terjadi kenaikan permintaan BBM yang utamanya di jalur wisata dan jalur utama mudik.

“Kemudian kita juga menyiagakan SPBU di jam-jam strategis, baik di lintas utama, lintas wisata maupun lintas mudik. Terdapat juga 7 posko kesehatan dan 6 SPBU modular.

Di samping itu, kita juga menyediakan agen LPG Siaga, Pangkalan Siaga, SPBU Siaga. Namanya siaga maka kita bersama Hiswana Migas Sumut satu barisan seluruh jenis industri kita baik agen LPG.

Kemudian, juga pangkalan LPG yang ditugaskan itu wajib buka supaya masyarakat betul-betul bisa nyaman merayakan Idul Fitri. Bila ada keluhan bisa menghubungi layanan pertamina di 135,” tandasnya. (*)

Reporter: M Idris

Editor: M Idris

Konten Terkait

Australia Kurangi Bantuan Dana untuk Indonesia, Ini Sebabnya

Editor prosumut.com

Pemprov Sumut Pastikan Bahan Pangan Asal Ternak Aman dan Bebas PMK

Editor prosumut.com

Program Cakap Sama JNE, Dorong UMKM Go Online

Editor Prosumut.com