Prosumut
Kriminal

DPRD Medan Sesalkan Aksi Begal Masih Marak Terjadi

PROSUMUT – Ketua Komisi I DPRD Kota Medan, Roby Barus, menyesalkan aksi pembegalan yang masih marak terjadi di Kota Medan.

Bahkan, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H ini, Wakil Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut turut menjadi korban dari tindakan para pelaku kejahatan.

Atas peristiwa pembegalan yang menimpa Wakil Ketua PWI Sumut itu, Roby Barus pun mendesak Polrestabes Medan melalui jajarannya untuk tidak tinggal diam dan segera menangkap para pelaku.

“Lagi-lagi kita sangat menyayangkan masih terjadinya aksi kejahatan di Kota Medan. Kita tahu, baru-baru ini salah seorang warga Kota Medan yang belakangan diketahui sebagai Wakil Ketua PWI Sumu turut menjadi korban.

Ironis memang menjelang Idul Fitri seperti ini, aksi kejahatan justru semakin marak. Selaku Ketua Komisi I DPRD Medan, saya minta counterpart kami di Polrestabes Medan agar segera menangkap para pelaku,” ujar Roby Barus, Kamis 13 April 2023.

Kata politisi PDI Perjuangan ini, dalam aksinya para pelaku kejahatan tersebut kerap bertindak nekat. Pelaku tidak segan-segan untuk mengancam dan melukai korbannya.

“Ini penting untuk diperhatikan. Kerugian yang dialami korban-korban begal ini bukan hanya kerugian materiil tetapi juga non materiil.

Khususnya ke arah psikis, karena ini akan menyebabkan rasa trauma kepada korban. Kemudian, hal ini juga akan meningkatkan kekhawatiran masyarakat untuk beraktivitas.

Karena itu, polisi harus hadir untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat,” ungkapnya.

Roby meminta Polrestabes Medan untuk segera bergerak cepat dalam memproses laporan yang telah dibuat korban di Mapolsek Patumbak.

“Tolong agar hal ini menjadi atensi bagi Polrestabes Medan dan jajarannya. Sebagai wakil rakyat, kami benar-benar meminta aparat kepolisian untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Segera tangkap pelaku, pastikan pelaku mendapatkan efek jera, yang juga bisa menjadi pelajaran bagi para pelaku begal lainnya,” tandas Roby.

Sebagaimana diketahui, Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sumut, Sugiatmo, menjadi korban aksi begal empat pria tak dikenal di kawasan Fly Over Jalan Sisingamangaraja Medan pada Rabu 12 April 2023 sekitar pukul 03.00 WIB.

Para penjahat jalanan itu mengancam korban dengan menggunakan senjata tajam jenis arit.

Kejadian bermula saat korban akan pulang ke rumahnya di kawasan Bandar Setia, Tembung, sepulang dari Pasar Induk Lau Cih, Medan.

Setibanya di kawasan Fly Over Sisingamangaraja menuju Terminal Amplas, Sugiatmo dipepet dua pengendara sepeda motor dari arah belakang.

Salah satu penjahat yang duduk di boncengan mengacungkan arit dan memaksa korban berhenti.

Setelah berhenti, pelaku yang berada di motor lainnya mengambil paksa sepeda motor korban jenis Honda Vario BK 5839 AIV.

Korban berusaha mempertahankan motor dengan mempertahankan kunci kontak, sehingga terjadi saling tarik menarik

Namun, bagian gantungan kunci kontak motor terlepas dan kunci berhasil dikuasai pelaku.

Pelaku yang memegang arit mengancam korban dengan menghunuskan arit ke arah korban.

Tak mau mati konyol, korban lari dari ancaman para pelaku sambil berteriak minta tolong.

Akan tetapi, kawanan begal tersebut berhasil kabur setelah menguasai sepeda motor korban dengan tancap gas ke arah Terminal Amplas.

Sekira 30 menit setelah kejadian, lewat rombongan Patroli Sabhara Polda Sumut mengendarai sepeda motor. Kemudian, korban diarahkan untuk melapor ke Mapolsek Patumbak. (*)

Reporter: Togu Sihite

Editor: M Idris

Konten Terkait

Polda Sita 35 Kg Sabu dari 7 Pelaku, Jaringan Asal Binjai

Editor prosumut.com

Buron 5 Bulan, Pembunuh Ayah Kandung Ditangkap di Banten

Editor prosumut.com

Gara-gara Status di Facebook, Suami Tega Habisi Istri

valdesz