Prosumut
Kesehatan

Organisasi Salimah bersama USU Spirit Club Gelar Senam Sehat Lansia dan Penyuluhan Gizi

PROSUMUT – Lanjut usia (lansia) adalah usia yang sangat rentan terhadap berbagai penyakit, termasuk penyakit metabolik dan infeksi.

Usia lanjut memerlukan imunitas yang baik untuk dapat mempertahankan tubuh tetap sehat, bugar, dan optimal dalam beraktivitas.

Namun, hal tersebut bukanlah hal yang mudah karena usia lanjut adalah kombinasi dari berbagai tantangan multifaktorial.

Tidak hanya melihat dari segi gaya hidup, asupan nutrisi yang tepat, aktivitas fisik yang sesuai, tetapi ada faktor-faktor lain seperti keluarga, sosial ekonomi, dan psikis.

Kelompok usia rentan inilah yang menarik bagi Universitas Sumatera Utara (USU) dengan kolaborasi Proyek Spirit Erasmus Plus dan USU Spirit Club bekerja sama dengan Organisasi Salimah, Pimpinan Wilayah Persaudaraan Muslimah Provinsi Sumatera Utara.

Sekaligus dalam rangka melaksanakan program kerja Salimah dan menyambut Hari Lansia dan Hari Keluarga Nasional bersama USU Spirit Club mengadakan Senam Sehat Lansia bersama, pemeriksaan kesehatan, dan penyuluhan nutrisi sehat bagi lansia pada Minggu 9 Juli 2023.

Koordinator Proyek SPIRIT USU Prof Dr dr Dina Keumala Sari M Gizi SpGK(K) bersama
Wakil ketua USU SPIRIT Club yaitu Dessy Ramasari sangat antusias dalam menjalin kerjasama dengan Organisasi Salimah.

“Kegiatan kerjasama ini akan menumbuhkan rasa kepedulian seluruh anggota Spirit Club untuk mengembangkan pelayanan kepada masyarakat terutama olah raga dan nutrisi yang tepat pada lansia,” ujar Prof Dina dalam siaran pers yang diterima, Minggu 9 Juli 2023.

Adapun Tim USU Spirit Club yang ikut berperan aktif adalah Risris Salmah Andian,
Ardiansyah Selian, Nopiyanti Simbolon, dan
Fiora Patricia Br Ginting menunjukkan rasa kepedulian mereka terhadap pentingnya aktivitas fisik pada lansia dan nutrisi yang sesuai.

Dalam kesempatan itu, Ketua Panitia acara Selfi Afriani Gultom SE Ak MSi, menambahkan acara ini diikuti oleh lebih kurang 1.000 peserta yang terdiri dari anggota Salimah dan masyarakat umum.

“Kegiatan ini meliputi pemeriksaan tekanan darah, komposisi tubuh, kadar kolesterol, dan asam urat. Selanjutnya acara senam sehat lansia dilaksanakan di Lapangan Balai Desa Medan Helvetia/Lapangan Beringin, Medan,” sebutnya.

Ketua Perhimpunan Wilayah Salimah Sumatera Utara, Hajjah Nurazizah Tambunan SS bersama Sekretaris, Tengku Amiliza SST MIKom, mengatakan kegiatan ini bahwa ini adalah program kerja Salimah yang mendukung Program Pemerintah Republik Indonesia yaitu Gerakan Nasional Lansia Berdaya bersama Salimah Sumatera Utara.

“Senam salsa merupakan singkatan sekolah lansia salimah dimulai dengan gerakan lidah yang merupakan gerakan awal dari senam ini.

Hal ini sangat penting bagi lansia yang mengalami gangguan saraf.

Senam sehat lansia yang dipimpin oleh ibu Chairiyah inu memberikan manfaat bagi lansia, meningkatkan pergerakan otot dan aliran darah,” tambahnya.

Adapun motto olahraga senam Salsa Salimah adalah Sehat, Bahagia, dan Mandiri. Hal ini sesuai dengan visi dan misi USU SPIRIT Club yaitu salah satunya adalah meningkatkan aktivitas fisik bagi kelompok rentan termasuk usia lanjut.

“Di sini peran generasi muda sangat diperlukan, untuk memberikan semangat dan berbagi ilmu tentang pentingnya aktivitas fisik dan nutrisi yang baik,” tukasnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia tema bersama Salimah Lansia Berdaya, bahagiakan diri, keluarga dan masyarakat menuju Indonesia sejahtera. (*)

Reporter: Nastasia

Editor: M Idris

BACA JUGA:  Fasilitas Tower A RSU Haji Medan Sudah Terisi 30 Persen

Konten Terkait

Peringatan World Health Day, Pentingnya Layanan Kesehatan Berkualitas

Editor Prosumut.com

RSUP HAM Kirim Nakes untuk RS Lapangan Covid-19 ke Jakarta

Editor prosumut.com

Pemakaman Jenazah Pasien Diduga Covid-19, Terapkan Protokol Kesehatan

admin2@prosumut