Prosumut
Kesehatan

6 Anak Meninggal di Sumut Akibat Ginjal Akut

PROSUMUT – Sebanyak 6 anak di Sumatera Utara (Sumut) meninggal dunia akibat mengalami penyakit ginjal akut. Pasien meninggal setelah sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

“Mulai bulan Juli sampai Oktober ini ada 7 kasus yang ditangani. Dari 7 kasus itu, 1 kasus berhasil ditangani dan pasien sudah sehat. Namun beberapa (6) kasus tidak bisa diselamatkan (meninggal),” kata Dokter Spesialis Anak Konsultan Nefrologi RSUP Haji Adam Malik Medan, dr Rosmayanti Syafriani Siregar MKed(Ped) SpA(K) saat memberikan keterangan pers, Selasa 18 Oktober 2022.

Ia menyebutkan, anak-anak yang meninggal akibat gagal ginjal akut tersebut berusia 1-5 tahun. Mereka berasal dari Medan dan beberapa kabupaten/kota di Sumut.

“Kasus terakhir ditangani terhadap anak usia 2 tahun asal Medan. Kita sudah lakukan tindakan sesuai dengan prosedur Kemenkes terkait pasien dengan gejala ginjal akut,” sebut Rosmayanti didampingi Dr dr Oke Rina Ramayani SpA(K) dan Koordinator Substansi Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUP H. Adam Malik dr Maliana MKes.

Menurut dia, faktor utama penyebab ginjal akut yang menyerang pada anak belum bisa dipastikan, apakah faktor dari makanan atau yang lain.

“Sampai saat ini kita pun belum bisa atau belum dapat menentukan penyebab utama penyakit tersebut. Akan tetapi, yang jelas pasien yang mengalami penyakit itu datang dengan kondisi perburukan yang cepat sekali,” ujarnya. (*)


Editor : Muhammad Idris

Konten Terkait

Pasien Suspect Dipulangkan, Tunggakannya Rp15 Juta ke RSUP H Adam Malik

Editor prosumut.com

Cegah Corona, BPJS Kesehatan Ajak Masyarakat Gotong Royong Bantu Tenaga Kesehatan 

admin2@prosumut

Peringatan World Health Day, Pentingnya Layanan Kesehatan Berkualitas

Editor Prosumut.com