Prosumut
Pendidikan

Tanoto Foundation Revitalisasi Perpustakaan Sekolah Yabes dan Tingkatkan Literasi Siswa

PROSUMUT – Tanoto Foundation merevitalisasi perpustakaan Sekolah Yabes di Lingkungan 19, Kelurahan Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli, Medan. Bukan hanya revitalisasi, Tanoto Foundation juga meningkatkan literasi siswa di sekolah tersebut.

Koordinator Regional Tanoto Foundation Sumatera Utara, Jefrey Jeo mengatakan membangun budaya literasi bagi masyarakat terutama anak-anak sangatlah penting. Dukungan keluarga, pendidikan yang mendorong untuk membaca, dan akses terhadap buku yang bermutu merupakan hal utama dalam membentuk pondasi kuat dalam peningkatan literasi generasi penerus.

Tanoto Foundation yang merupakan organisasi filantropi independen di bidang pendidikan yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto pada tahun 1981, percaya bahwa setiap individu harus memiliki kesempatan untuk mewujudkan potensinya secara penuh, khususnya melalui pendidikan berkualitas. Akses terhadap buku bermutu sebagai media pembelajaran termasuk di dalam bentuk pendidikan yang berkualitas.

“Berdasarkan hal tersebut, Tanoto Foundation melaksanakan program peningkatan literasi siswa dan revitalisasi perpustakaan di Sekolah Yabes,” kata Jefrey saat peresmian perpustakaan Sekolah Yabes, Jumat 8 Desember 2023.

Turut hadir meresmikan, Kabid Pembinaan Ketenagaan Disdik Medan, Mujiono, Ketua Yayasan Yabes, Jimmy  dan Kepala SD Yabes Reni Rosiana Lumbangaol.

Jefrey menjelaskan, revitalisasi perpustakaan Sekolah Yabes ini terdiri dari pemilihan ruangan perpustakaan yang lebih strategis, perbaikan ruangan perpustakaan, pelatihan terkait manajemen perpustakaan, dan pengadaan buku-buku yang bermutu serta menarik minat baca siswa.

Menurutnya, revitalisasi perpustakaan ini menjadi salah satu program yang mereka lakukan untuk membantu para siswa di sekolah tersebut dalam mendapatkan buku-buku bacaan yang berkualitas.

“Ini menjadi bagian dari upaya Tanoto Foundation untuk terus meningkatkan literasi bagi para peserta didik, mulai dari siswa SD hingga mahasiswa,” ucapnya.

Jeffrey mengungkapkan, Tanoto Foundation merupakan lembaga yang berkomitmen untuk membantu meningkatkan literasi masyarakat lewat berbagai pendampingan di bidang pendidikan, seperti pendampingan guru dalam pengelolaan sekolah, revitalisasi perpustakaan hingga fasilitas lainnya yang menunjang pendidikan di sekolah.

“Kami berharap perpustakaan ini mendorong peningkatan minat baca siswa. Tentu dengan perpustakaan nyaman, siswa dan orang tua serta masyarakat disini juga bisa menikmati buku bacaan yang ada disini,” ujarnya.

Dia menambahkan, selain merevitalisasi perpustakaan, Tanoto Foundation juga menjalankan kegiatan peningkatan literasi siswa bersama para mahasiswa penerima beasiswa Tanoto Foundation di Universitas Sumatera Utara dan alumni penerima beasiswa Sekolah Menengah Tanoto Foundation.

Di samping itu, pendampingan untuk guru juga dilakukan di mana pendampingan ini berfokus pada topik-topik, seperti pengelolaan lingkungan sekolah yang literat serta peningkatan kemampuan literasi dasar siswa.

Sementara itu, Kabid Pembinaan Ketenagaan Disdik Medan, Mujiono yang mewakili Kepala Disdik Medan menyampaikan terima kasih kepada Tanoto Foundation yang telah berperan aktif dalam mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Kota Medan. Kata Mujiono, pemerintah sangat membutuhkan bantuan dari para pihak terkait yang berkomitmen untuk ikut memajukan pendidikan.

“Kalau hanya mengandalkan pemerintah, tentu kami tidak akan mampu. Karena itu, kami berterima kasih kepada pihak-pihak yang berkomitmen membantu pemerintah dalam memajukan dunia pendidikan seperti Tanoto Foundation,” ujarnya. (*)

Editor : M Idris

Konten Terkait

Integritas Kepala SD Negeri Disorot, Banyak Tak Transparan Kelola Dana BOS

Ridwan Syamsuri

Tutup Tujuh PTS, Ini Penjelasan LLDikti Sumut

Editor prosumut.com

Kartu Identitas Anak di Medan Bakal Diterbitkan Bulan Depan

Ridwan Syamsuri