Prosumut
Pemerintahan

Patung Pahlawan Nasional Letjen Jamin Ginting Diresmikan

PROSUMUT – Patung pahlawan nasional Letjen Jamin Ginting seorang pahlawan asal Tanah Karo diresmikan di Titik KM Nol Jalan Jamin Ginting, Kota Medan, Selasa 28 Juni 2022.

Patung tersebut diresmikan oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi yang diwakilkan oleh Staf Ahli Gubernur Sumut, Binsar Situmorang, Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution, Bupati Tanah Karo Cory Sebayang, juga anak-anak dan cucu dari Letjen Jamin Ginting.

Salah seorang putri dari Letjen Jamin Ginting, Riahna Ginting mengungkapkan rasa bahagia dan bangganya akan diresmikannya patung dari ayahnya.

Sebab sudah 6 tahun patung tersebut selesai tapi belum diresmikan dan hanya diletakkan di Kota Bandung saja.

“Suatu kebanggaan bagi kami dengan adanya patung ini, karena memang susah payah mencari lokasi untuk patung ini, jadi kami sangat berterimakasih khususnya kepada Wali Kota Medan karena telah mengizinkan berdirinya patung tersebut di Kilometer Nol Jamin Ginting, Kota Medan hingga Tanah Karo ini,” kata Riahna pada wartawan.

BACA JUGA:  Ditjen Bea Cukai dan LPEI Siap Bantu UMKM ke Pasar Ekspor

Ia menceritakan rencana patung ini karena terinspirasi melihat patung Jenderal Sudirman di Jakarta, kala itu Ia mengatakan keinginannya kepada sang ibu yaitu Ny Likas Tarigan.

“Jadi saya bilang ibu saya yang waktu itu masih hidup untuk membuat patung di Jalan Jamin Ginting, tetapi Jalan Jamin Ginting tidak ada trotoarnya, jadi tidak bisa kesampaian. Namun tiba-tiba lokasi tempat dibangun ini kosong, jadi saya bilang untuk meletakkan patung Jamin Ginting ditempat saat ini dibangun,” terangnya.

BACA JUGA:  Ditjen Bea Cukai dan LPEI Siap Bantu UMKM ke Pasar Ekspor

Melihat lokasi dan lahan yang kosong, Riahna pun meminta izin kepada pemerintah setempat lalu kepada Wali Kota Medan, dan diizinkan tanpa hambatan.

Riahna mengatakan, proses perizinan hingga pembangunan patung Letjen Jamin Ginting dimulai pada Oktober 2021 dan selesai serta diresmikan dalam tempo waktu enam bulan.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution menuturkan kembali bagaimana perjuangan anak dari Letjen Jamin Ginting untuk bisa menempatkan patung ayahnya.

“Kita sudah dengar perjuangan pahlawan kita ini.  Bagaimana perjalanan dan kiprah pahlawan kita Jamin Ginting ini bisa dijadikan pedoman bagi kita semua utuk menjadi penyemangat. Kami di Kota Medan akan menjaga, baik itu segi fisik maupun kisahnya. Dengan melestarikannya melalui cerita perjalanannya,” terang Bobby.

BACA JUGA:  Ditjen Bea Cukai dan LPEI Siap Bantu UMKM ke Pasar Ekspor

Sebelumnya, Staf Ahli Gubernur Sumut, Binsar Situmorang menyampaikan sambutan dari Gubernur Sumut dengan membacakan sekilas sejarah dari perjalanan karir Letjen Jamin Ginting. Mulai dari masa pergerakan hingga masa perjuangannya di negeri, khususnya Sumatera Utara.

“Dihadapan saudara-saudara telah berdiri patung dari Letjen Jamin Ginting. Kita mengharapkan dgn melihat patung ini tidak hanya mengenang tapi memecut diri kita untuk meneruskan semangat beliau berjuang bagi  negeri ini. Kita mengenang jasa-jasa dan sejarah Letjen Jamin Ginting. Kita selalu mengingatnya dengan patung yang sudah berdiri ini untuk dikenang oleh anak cucu kita nanti,” pungkasnya. (*)

 

Reporter : Nastasia
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

200 Paket Sembako Dibagi ke Abang Becak dan Jukir di Langkat

admin2@prosumut

ASN Pemko Medan Diminta Kurangi Penggunaan Plastik

Editor prosumut.com

Rutin Dilakukan, OPD Batubara Ikut Berkurban

admin2@prosumut