Prosumut
Pemerintahan

Sandiaga Uno Membatik di Rumah Adat Puri Melayu Tebingtinggi

PROSUMUT – Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi rumah adat Puri Melayu Sri Menanti di Tebingtinggi, Sumatera Utara (Sumut). Di sana, ia sempat mencoba membuat batik khas kota lemang tersebut.

“Hari ini saya sangat berbahagia berkunjung ke rumah adat melayu Puri Melayu Sri menanti yang dipugar kembali tahun 92,” ujar Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 25 Juni 2022.

Sandiaga juga berkeliling dan melihat seisi rumah adat. Dia pun juga sempat menyaksikan berbagai tarian yang menurutnya berpotensi memiliki daya tarik wisata.

BACA JUGA:  Ditjen Bea Cukai dan LPEI Siap Bantu UMKM ke Pasar Ekspor

“Puri Melayu Sri Menanti ini juga merupakan sanggar seni. Tadi kita lihat beberapa tampilan anak-anak belajar tari melayu dan memiliki potensi sebagai daya tarik wisata budaya dan sejarah dan memiliki storynomics yaitu cerita yang akan mampu membuka peluang usaha,” ucapnya.

Lebih lanjut, Menparekraf juga meninjau beberapa UMKM yang ada di sana. Dia pun berharap masyarakat bisa melestarikan budaya yang ada di Tebingtinggi.

BACA JUGA:  Ditjen Bea Cukai dan LPEI Siap Bantu UMKM ke Pasar Ekspor

“Kita lihat UMKM-UMKM tadi, pemegang Muri yang bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” kata Sandiaga.

Sandiaga menjelaskan, pemerintah menargetkan 1,1 juta lapangan pekerjaan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Menurutnya, hal tersebut bisa tercapai jika semua pihak berkolaborasi.

“Saya harapkan di Tebing Tinggi juga seperti demikian, dan mari kita sama-sama berkolaborasi agar budaya ini terus bisa dinikmati anak cucu hingga ribuan tahun ke depan dan sejahterakan masyarakat kita,” tutur Sandiaga.

BACA JUGA:  Ditjen Bea Cukai dan LPEI Siap Bantu UMKM ke Pasar Ekspor

Adapun kegiatan ini merupakan hasil kerja sama Kemenparekraf dengan Pemkot Tebing Tinggi. Diharapkan, kunjungan Menparekraf Sandiaga bisa mempromosikan potensi wisata yang ada di Tebing Tinggi, Sumut. (*)

 

Reporter : Nastasia
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Razia di Pasar Pagi Gurilla, Banyak Warga Tak Pakai Masker

admin2@prosumut

Surat Mundur Bupati Madina Salah Alamat, Sejatinya ke DPRD

Val Vasco Venedict

Anggaran Dinas Berkurang, Ini Alasannya

Val Vasco Venedict