Prosumut
Kesehatan

Tim SPIRIT Erasmus Plus Peringati Hari Yoga Sedunia di USU

PROSUMUT –  Memperingati Hari Yoga Sedunia, Tim SPIRIT yang berasal dari tiga negara Asia yaitu Indonesia, India, Sri Lanka dan tiga negara Eropa yaitu Spanyol, Siprus, dan Portugal mengadakan kegiatan saat berkunjung ke Kampus Universitas Sumatera Utara (USU), Selasa 21 Juni 2022.

Kegiatan yang dilakukan dengan yoga bersama di Pendopo Fakultas Kedokteran USU.

Gerakan yoga dipimpin oleh instruktur yoga dari Lovely Professional University, Ms Sakshi Sadhu, Assistant Professor (India), dan diawali dengan pemanasan Tarian Maumere oleh Dr dr Yetty Machrina MKes AIFO-K SpKKLP.

Koordinator SPIRIT dari USU Prof Dr dr Dina Keumala Sari MGizi SPGK(K) mengatakan, gerakan yoga memberikan peregangan yang baik bagi tubuh dan ketenangan bagi yang melakukannya.

“Gerakan yoga juga membutuhkan konsentrasi yang tinggi, sehingga tujuan olahraga ini dapat dicapai,” ujar Dina, Rabu 22 Juni 2022.

Dina menjelaskan, kegiatan merayakan Hari Yoga Sedunia adalah bagian dari kegiatan Tim SPIRIT dalam penyusunan kurikulum pendidikan olahraga.

Tim SPIRIT akan mengeluarkan suatu panduan kurikulum untuk membantu mahasiswa mengerti mengenai pendidikan olahraga.

Luaran yang dihasilkan oleh proyek ini adalah program studi, kursus, dan modul yang dapat diintegrasikan pada kurikulum pendidikan tinggi.

“Universitas Sumatera Utara dalam hal ini terlibat secara penuh untuk mendukung program pelatihan penyusunan silabus pendidikan olahraga ini,” ujarnya.

Ia menuturkan, selama enam hari (15-22 Juni 2022) Tim SPIRIT berkunjung ke Kampus USU untuk mengadakan penyusunan silabus kurikulum pendidikan olahraga.

SPIRIT adalah kepanjangan dari Sport and physical education as a vehicle for Inclusion and Recognition in India, Indonesia and Sri Lanka, yang bertujuan meningkatkan pengetahuan kaum muda atau mahasiswa tentang peningkatan olah raga dan aktivitas fisik untuk mencegah penyakit tidak menular.

“Tidak hanya menghasilkan tujuan pembelajaran berupa luaran pembelajaran yang nantinya dapat digunakan sebagai sarana e-learning antar negara, tetapi juga menjalin kerjasama antar fakultas di negara Asia dan Eropa. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan capacity building perguruan tinggi yang masuk dalam proyek SPIRIT pendanaan ERASMUS Plus di bawah Uni Eropa,” tandas Dina. (*)

 

Reporter : Rayyan Tarigan
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Dinkes Labuhanbatu : Jenazah Suspek Covid-19 Dibawa dari Medan

admin2@prosumut

Darurat Covid-19 di Sumut, Gubernur Siapkan Posko Evakuasi Utama

admin2@prosumut

Diduga Terjangkit Hepatitis Akut, Balita di Medan Meninggal

Editor prosumut.com