Prosumut
Sosial Budaya

Menteri BUMN Kunjungi Kampung Pemuda HKBP Jetun Silangit

PROSUMUT – Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi Perkampungan Pemuda HKBP Jetun, Silangit, Kamis 19 Mei 2022, disambut Sekjen HKBP Pdt Dr Viktor Tambunan, tokoh masyarakat Sumut yang juga Ketua Umum DPP Nusantara Untuk Jokowi, Dr RE Nainggolan, Kepala Departemen Diakonia Pdt Debora Sinaga, MTh, serta para pegiat UMKM di Tapanuli Utara.

Erick Thohir dan rombongan mendapat sambutan sangat antusias sejak kedatangannya di Bandara Silangit, dan langsung diselempangkan ulos khas Batak.

Saat menyampaikan pemaparannya, Erick Thohir kembali menegaskan komitmen pemerintah mendorong majunya sektor UMKM dengan produk lokal unggulan.

Rencana ini bagian dari upaya membentuk ekosistem perekonomian guna mengejar target Indonesia menjadi empat negara terbesar secara ekonomi di dunia pada 2045.

BACA JUGA:  YAICI-PP Aisyiyah Perluas Jangkauan Edukasi Gizi hingga Sumut

“Indonesia memiliki berbagai keunggulan termasuk kekuatan secara geografis yang dapat meningkatkan perekonomian, namun selama ini, banyak pihak yang terjebak dan tidak fokus pada kekuatan ekonomi di Indonesia seperti industri pariwisata yang fokus pada wisatawan asing,” kata Erick.

Agar pasar dan kekuatan lokal itu bisa dioptimalkan, dibutuhkan ekosistem ekonomi tersendiri salah satunya dengan memaksimalkan UMKM dengan produk unggulan yang dapat bersaing di semua pasar termasuk mancanegara.

“Kalau sudah masuk pasar kelas dunia, kita tidak boleh lagi main-main soal kualitas,” katanya.

BACA JUGA:  YAICI-PP Aisyiyah Perluas Jangkauan Edukasi Gizi hingga Sumut

Namun upaya tersebut, katanya, membutuhkan kerja sama berbagai pihak mulai dari pusat hingga daerah, sehingga target menjadikan Indonesia, sebagai negara posisi keempat terbesar di dunia secara ekonomi, dapat tercapai.

“BUMN akan mendukung UMKM untuk meningkatkan perekonomian Indonesia, mulai dari pembinaan hingga permodalan. Namun harus ada kolaborasi semua pihak untuk mewujudkan peningkatan ekonomi,” katanya.

Rangkaian Kunjungan

Erick Thohir sendiri berada di Sumatera Utara dalam rangkaian kunjungan selama dua hari, dimana pada Jumat 20 Mei 2022 ia akan memberikan kuliah umum di Universitas Prima Indonesia, dan berbicara di depan Rapat Kerja Nasional II, Nusantara Untuk Jokowi (N4J) di Auditorium Unpri, Jalan Sampul, Medan.

BACA JUGA:  YAICI-PP Aisyiyah Perluas Jangkauan Edukasi Gizi hingga Sumut

“Beliau sosok muda yang luar biasa, sudah membuktikan kiprahnya di kelas dunia. Kita optimis, dengan keberadaan sosok yang dengan visi dan dedikasi yang hebat, tekad menuju Indonesia Maju dan Indonesia Emas yang sudah dimulai dengan sangat baik oleh Pak Jokowi, bisa terus berlanjut dan terwujud,” kata RE Nainggolan saat diminta tanggapannya di sela acara.

 

Reporter : Pran Hsb
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Sekda Labuhanbatu Hairi Khitanan Massal di Bilah Hulu

admin2@prosumut

Bupati Motivasi Tenaga Kontrak DLH Labuhanbatu

admin2@prosumut

YAICI-PP Aisyiyah Perluas Jangkauan Edukasi Gizi hingga Sumut

Editor prosumut.com