Prosumut
Berita

Terima Konjen Tiongkok, Baskami Ajak Tingkatkan Investasi di Sumut

PROSUMUT – Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting menerima kedatangan Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Medan, Mr. Zhang Min .

Dikatakannya, pertemuan tersebut merupakan pertemuan perdana. Zhangmin menggantikan Konsul sebelumnya, Mrs. Qiu Weiwei yang telah menyelesaikan tugas diplomatiknya.

Kepada Zhang Min, Baskami mengajak untuk meningkatkan kerjasama kedua provinsi, antara Sumatera Utara dan Guangzhou, terkait investasi.

“Kita harus meningkatkan kerjasama ini, yang tentunya menguntungkan keduabelah pihak. Baik di bidang investasi, pendidikan, pertanian, pariwisata dan kebudayaan. Sumatera Utara memiliki banyak potensi,” katanya, Rabu (20/4/2022).

Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), misalnya. Menurut Baskami, para penggiat UMKM di Sumut menghasilkan barang-barang yang dapat diekspor ke Tiongkok.

“Saya berharap, melalui Pak Gubernur dan kami selaku DPRD, komunikasi dapat terus berjalan dengan Konjen Tiongkok guna memberikan dampak positif bagi Sumut,” tambahnya.

Baskami juga memberikan apresiasinya, terkait kerjasama yang digagas Tiongkok dalam membantu menangani pandemi Covid-19 khususnya di Sumatera Utara.

“Saya juga ikut turun langsung ke daerah-daerah lokasi penyaluran bantuan,” tambahnya.

Menurut Baskami hubungan kerjasama Tiongkok Indonesia, juga sister province, antara Ghuangzou dan Sumut, merupakan hubungan historis yang telah berlangsung sejak lama.

“Ke depan, kami bersama Konjen Tiongkok akan berkeliling daerah Sumut, memperkenalkan potensi-potensi di daerah,” jelasnya.

Hal senada disampaikan , Zhang Min. Ia menyambut baik, keinginan Baskami Ginting untuk meningkatkan kerjasama yang saling menguntungkan.

“Saya kira kerjasama ini nantinya memberikan energi positif bagi keduabelah pihak,” jelasnya.

Menurutnya Sumatera Utara memiliki potensi yang luar biasa.

“Baik pariwisata, pertanian. kebudayaan dan lainnya. Saya menyukai durian dari Sumatera Utara yang menurut saya, paling enak, juga buah manggis,” katanya

Bagi Zhang Min, sektor pertanian Sumatera Utara dapat menjadi salah satu unggulan ekspor.

“Di Tiongkok, hanya durian Thailand yang sampai ke sana. Begitu saya mencicipi durian Medan, ternyata lebih enak, lebih manis dan buahnya lebih lembut,” ujarnya.

Zhang Min, mengatakan, sektor pariwisata juga menarik untuk ditingkatkan.

“Agar kedua daerah ini baik provinsi kami dan Sumatera lebih banyak lagi didatangi para wisatawan,” jelasnya.

Zhang Min memaparkan, pihaknya berencana mempertemukan para pengusaha Sumatera Utara dengan pengusaha Guangzhou agar dapat saling bekerjasama.

“Tak hanya itu, kami mempersiapkan perayaan, 20 tahun kerjasama Sumatera Utara – Guangzhou, yang menjadi sister province. Semoga cepat dapat terlaksana,” pungkasnya. (*)

Editor: Val Vasco Venedict 

Konten Terkait

Buka Raker Repdem, Rapidin Ingatkan Kader soal Sense of Crisis

Editor prosumut.com

Tak Mau Diam, Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut Turun Langsung Tinjau Pembagian Minyak Goreng ke UMKM

Editor prosumut.com

Jalan Provinsi di Kepulauan Nias Tak Terurus, Baskami & Penyabar Komitmen Perjuangkan Anggaran

Editor prosumut.com