Prosumut
Pemerintahan

Reses Anggota DPRD Sumut, Mangapul Temukan Kasus Pupuk Langka

PROSUMUT – Ketersediaan pupuk subsidi maupun non subsidi masih sulit ditemukan di wilayah Pematangsiantar dan Simalungun. Diyakini pula bahwa kelangkaan pupuk ini juga masih terjadi di kabupaten dan kota lainnya.

Hal tersebut terungkap oleh Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut Mangapul Purba saat melalukan Reses di dua daerah.

“Kelangkaan pupuk ternyata masih belum tertangani oleh Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, kejadian ini tak boleh terus berlangsung lama karena berpotensi akan terjadi krisis kemanusiaan” ungkap Mangapul Purba melalui siaran persnya pada Senin 7 Maret 2022.

BACA JUGA:  Ditjen Bea Cukai dan LPEI Siap Bantu UMKM ke Pasar Ekspor

Mangapul Purba yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut ini lebih lanjut menyatakan bahwa pupuk bersubsidi sudah tidak dapat dijumpai dibeberapa kelompok tani maupun agen resmi pupuk di setiap kecamatan.

“Telah terjadi keanehan bahwa pupuk bersubsidi tidak ada dikelompok tani maupun agen resmi, tetapi ada beredar di pasar-pasar bebas dengan harga yang cukup tinggi,” ujar Mangapul.

BACA JUGA:  Ditjen Bea Cukai dan LPEI Siap Bantu UMKM ke Pasar Ekspor

Selanjutnya Mangapul menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi dan Kabupaten harus segera melakukan singkronisasi distribusi pupuk sebaik-baiknya agar potensi krisis ketahanan pangan yang dapat menjurus kepada potensi krisis kemanusiaan tidak terjadi.

“Petani yang gagal panen tahun ini karena ketiadaan pupuk tidak dapat lagi meneruskan kegiatan bertaninya karena pasti akan mengalami gagal panen berikutnya, peristiwa ini sangat berbahaya terhadap program ketahanan pangan di Sumut,” lanjut Mangapul.

BACA JUGA:  Ditjen Bea Cukai dan LPEI Siap Bantu UMKM ke Pasar Ekspor

Terakhir, Mangapul Purba meminta kepada pemerintah untuk secara terbuka menyampaikan kuota pupuk perkabupaten/kota dan kecamatan di seluruh wilayah Sumut dalam bentuk tabel-tabel agar jelas dan transparan terhadap distribusi pupuk di Sumut.

“Meminta petani agar melakukan pengawasan yang kolektif bersama-sama serta berkoordinasi dengan aparat bila ditemukan penyelewengan pupuk,” pungkas Mangapul. (*)

 

Reporter : Rayyan Tarigan
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Dinas PUPR Batubara Beri Pelatihan Konstruksi di Lapas

admin2@prosumut

Bupati Langkat Pimpin Upacara Peringatan HUT Pramuka ke 58

Editor prosumut.com

Nurul Akhyar Ajak Kaum Ibu Dukung Program #yokbikincantikmedan

Editor prosumut.com