Prosumut
Umum

Kemensos akan Bangun Jembatan Gantung di Desa Buluhawar

PROSUMUT – Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini melakukan peninjauan badan jalan yang telah putus akibat longsor di Desa Buluhawar, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Jumat 19 November 2021.

Risma bersama rombongan meninjau lokasi longsor dan menyampaikan penanganan agar tidak terjadi longsor susulan kepada Dinas PUPR Deliserdang. Ia meminta warga dilarang kembali bermukim di lokasi yang terkena longsor.

“Untuk lokasi longsor jalan penghubung Desa Buluhawar akan segera diperbaiki,” katanya.

Seperti diketahui, Risma bersama rombongan tiba di lokasi longsor pada pukul 08.30 WIB disambut Wakil Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar, Camat Sibolangit Febri E Gurusinga SSTP MSP, Kapolsek Pancurbatu Kompol Dedy Dharma, Danramil 03 Sibolangit Kapten Arh Liston B Situmeang.

BACA JUGA:  Tiga Kali Mangkir RDP, Komisi D DPRD Sumut Rekomendasikan Kepala BWS Sumatera-II Sumut Dicopot

Kepala UPT Puskesmas Sibolangit dr Tomo Edy MKes, Kadis Damkar Deliserdang Kurnia Boloni, Kadishub Deliserdang Suryadi Aritonang, Kadis PUPR Deliserdang Janso Sipahutar, Kadis Perkim Deliserdang Heriyansah Siregar, Kadis BPBD Deliserdang Zainal Abidin Hutagalung, Kadis Sosial Deliserdang Rudi Tambunan dan lainnya.

Febri Gurusinga mengatakan ada wacana dari Risma akan membangunkan jembatan gantung di Desa Buluhawar. “Tadi ada wacana dari ibu Mensos dibangunkan jembatan gantung,” terangnya.

Ia mengatakan Pemkab Deliserdang bersama kepala desa saat ini sudah melakukan pendekatan dengan pemilik tanah sebanyak 20 orang yang dianggap representatif untuk pembukaan jalan baru. “Tapi dalam hal ini ada satu orang lagi pemilik lahan yang belum setuju,” ucapnya.

BACA JUGA:  Tiga Kali Mangkir RDP, Komisi D DPRD Sumut Rekomendasikan Kepala BWS Sumatera-II Sumut Dicopot

Sementara itu, Kepala Desa Buluhawar Obet Bukit juga membenarkan Mensos akan membangun jembatan gantung. “Iya, informasinya dari kementerian yang akan membangunnya,” ungkapnya.

Pihaknya juga diminta untuk mendata lahan warga yang terdampak akibat longsor. Kondisi longsor di desa rohani tersebut saat ini, ia menyebutkan sudah berukuran panjang 200 meter dan lebarnya 50 meter. “Dari pendataan saat ini sudah ada 13 orang yang lahannya terkena longsor,” sebutnya.

Sebelumnya, Tri Rismaharini mengunjungi lokasi longsor dan pengungsi di Dusun III, Desa Rumah Kinangkung, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Provinsi Sumut, Jumat 19 November 2021 pagi.

Terpisah, Tokoh Pemuda Sibolangit Leo Bastari Bukit SSos apresiasi Mensos Tri Rismaharini yang sudah memberikan waktu mengunjungi sekaligus memberikan bantuan kepada pengungsi longsor di Desa Kinangkung serta meninjau lokasi jalan longsor di Desa Buluhawar.

BACA JUGA:  Tiga Kali Mangkir RDP, Komisi D DPRD Sumut Rekomendasikan Kepala BWS Sumatera-II Sumut Dicopot

Ia berharap bantuan dari Kemensos yang akan membangunkan rumah kepada 15 pengungsi yang menjadi korban longsor di Desa Kinangkung dan wacana pembangunan jembatan gantung di Desa Buluhawar dapat dimulai tahun 2021 ini.

“Sebab, para pengungsi longsor di Desa Kinangkung dan warga Desa Buluhawar sangat membutuhkan pembangunan yang akan dilakukan. Semoga Tuhan memberikan kesehatan kepada ibu Risma,” ucap pria yang berasal dari Desa Buluhawar ini. (*)

 

Reporter : Nastasia
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Diduga Sakit, Pebetor Ditemukan Tewas di Jalan Sutoyo Tebingtinggi

Editor prosumut.com

Prediksi Pertandingan Ferencvaros vs Dinamo Zagreb

Pro Sumut

Kepala Daerah Wafat Sebelum Dilantik, RE Nainggolan: Pukulan Bagi Sumut

Editor Prosumut.com