Prosumut
Pemerintahan

Aziz Batubara: Data Statistik Sektoral Penting untuk Pembangunan Daerah

PROSUMUT – Data yang valid, khususnya data sektoral yang bersumber dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) berperan penting untuk merumuskan rencana pembangunan daerah ke depan.

Hal ini disampaikan Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut Abdul Aziz Batubara saat membuka secara resmi acara pembukaan Validasi Data Statistik Sektoral Provinsi Sumut melalui Zoom Meeting di Ruang Rapat Kepala Dinas Kominfo Sumut, Jalan HM Said Nomor 27 Medan, Kamis 11 November 2021.

Menurut Abdul Aziz Batubara, Dinas Kominfo Sumut sebagai walidata sektoral telah menerima data dari OPD, selaku produsen data statistik sektoral dalam menghasilkan data yang valid, kemudian diinventarisasi dan telah diinput ke Sistem Pengelolaan Statistik Sektoral Sumut, melalui http://statistiksektoral.diskominfosumutprov.go.id.

Data yang dipublikasikan telah dilakukan validasi, karena menjadi referensi dalam perencanaan. “Data yang telah divalidasi harus akurat, mutakhir, terpadu, mudah diakses dan bisa dipertanggungjawabkan dan akan disinergikan dengan Badan Pusat Statistik Sumut,” katanya.

Aziz juga mengapresiasi dukungan OPD, khususnya para pengelola data yang sudah melakukan peng-input-an di Sistem Pengelolaan Statistik dan berharap Dinas Kominfo sebagai walidata memiliki data yang berkualitas serta tidak tumpang tindih.

Sementara Kepala BPS Sumut diwakili Hasta Juwita Gurning selaku Fungsional Statistik Madya mengatakan metadata statistik sangat diperlukan untuk memberikan gambaran yang lebih detail seperti terminologi, definisi, klasifikasi, lokasi data statistik, metodologi dan publikasinya.

Selain itu, metadata bermanfaat untuk menghindari duplikasi kegiatan bagi OPD selaku produsen data. “Dinas Kominfo Sumut selaku walidata memiliki kemudahan dalam mengelola data sehingga pengguna data memahami dengan jelas,” sebutnya.

Narasumber selanjutnya Nurhayati Siahaan, Pranata Humas Madya Diskominfo Sumut mengatakan dalam menyajikan data ke masyarakat perlu dilakukan validasi data yang benar, akurat, dan lengkap berdasarkan hasil pengolahan data sesuai dengan yang diharapkan, sehingga mendukung kebutuhan data untuk pencapaian tujuan pembangunan daerah.

Plh Kepala Seksi Statistik Sektoral Rahmad Saleh Daulay melalui zoom meeting mengatakan validasi data statistik sektoral OPD Pemprov Sumut untuk menyatukan langkah agar menghasilkan data yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan. (*)

 

Reporter : Rayyan Tarigan
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

APJI/PPJI Diharapkan Kembangkan Kuliner di Medan

Editor prosumut.com

Bupati Batubara : Perayaan Ibadah Dibatasi Sesuai Prokes

Editor Prosumut.com

Gemapanitra Kota Medan Diharap Lahirkan SDM Kreatif & Berkarakter

Editor prosumut.com