Prosumut
Kesehatan

Medan Minta Jatah Tambahan Vaksin Covid-19

PROSUMUT – Sebanyak 18 ribu dosis lebih vaksin yang baru dikirim dari pemerintah pusat, Kota Medan hanya mendapat jatah sekitar 400 dosis. Untuk itu, Dinas Kesehatan Kota Medan meminta kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) agar menambah jatah vaksin Covid-19 tersebut.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Medan dr Syamsul Arifin Nasution mengatakan, dari 18 ribu dosis vaksin corona tersebut ternyata sebagian sudah terdata akan dikirim ke beberapa instansi.

“Vaksin yang baru masuk kemarin itu masih disimpan di gudang Dinas Kesehatan Sumut, jumlahnya sekitar 18 ribu dosis. Vaksin ini ternyata sudah ada yang punya sebagian, yaitu BUMN sekitar 3 ribu dosis untuk vaksinasi di eks Bandara Polonia Medan. Kemudian, punya TNI 5 ribu dosis dan Polri 5 ribu dosis. Jadi sisanya tinggal 5 ribu dosis lagi,” kata Syamsul diwawancarai usai peresmian eks Hotel Soechi sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 di Medan, Minggu 1 Agustus 2021.

Syamsul melanjutkan, 5 ribu dosis tersebut nantinya dibagikan kepada 33 kabupaten/kota di Sumut. Untuk Kota Medan, akan diberikan 400 dosis.

“Saya dapat kabar, bahwasanya kami hanya dapat sekitar 400 dosis saja karena harus dibagi dengan kabupaten/kota lainnya,” keluh Syamsul.

Karena itu, dia meminta agar jatah vaksin untuk Kota Medan yang akan diberikan ditambah. Sebab, dalam program vaksinasi ini Medan diberikan target 1,9 juta jiwa dan baru tercapai 61 persen.

“Kita meminta agar jatah vaksin yang akan diberikan ditambah. Apalagi, target vaksinasi kita 1,9 juta jiwa, dan kita baru mencapai 21 persen. Makanya, kita memohon ke provinsi agar bisa ditambah dosis vaksin yang nantinya diberikan ke kita. Karena kalau hanya segitu (400 dosis), maka vaksinasi dosis 1 pasti terhambat. Akan tetapi, kita tetap berusaha dan mudah-mudahan stok vaksin setiap minggunya masuk,” ungkap Syamsul.

Dia mengaku, jika jatah vaksin tersebut diterima, stok vaksin ini tentunya masih kurang. “Jumlah penduduk di Medan kan banyak, makanya kita meminta bantuan kepada pemerintah pusat agar dapat penambahan dosis vaksin lagi. Untuk itu, masyarakat diminta bersabar, pasti akan dikirim lagi stok vaksinnya. Mudah-mudahan stok vaksin yang akan dikirim ke kita bisa lebih dari 400 dosis,” pungkasnya.

Diketahui, Pemprov Sumut kembali memperoleh penambahan vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat. Kali ini, jumlahnya sebanyak 253.500 dosis yang dikirim secara bertahap sejak Kamis (29/7) dan Jumat (30/7).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Aris Yudhariansyah mengatakan, dari jumlah 253.500 dosis, sebanyak 70.000 dosis merupakan vaksin jenis moderna yang telah tiba terlebih dahulu. Sedangkan sisanya sebanyak 183.500 dosis merupakan jenis Sinovac.

“Iya, kita telah menerima penambahan vaksin Covid-19, termasuk untuk vaksin jenis moderna,” ungkapnya, Jumat 30 Juli 2021.

Aris menjelaskan, untuk vaksin moderna tersebut, rencananya bakal ditujukan kepada tenaga kesehatan (nakes) sebagai penyuntikan dosis ketiga. Namun, dia mengaku, bila dibandingkan dengan jumlah nakes yang terdaftar sekitar 79.000, vaksin tersebut masih kurang.

“Jadi memang sementara diprioritaskan kepada nakes dulu, terutama yang menangani Covid-19,” terangnya. (*)

 

Reporter : Nastasia
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Terkini Covid-19 di Kabupaten Labuhanbatu, Ini Penjelasan Kadis Kesehatan

admin2@prosumut

RSUP H Adam Malik Pastikan 4 Pasien Rujukan Negatif Suspect Corona

Editor prosumut.com

Karyawan Swalayan di Tebingtinggi Positif Covid-19

admin2@prosumut