Prosumut
Pemerintahan

Satpol PP Labura Tertibkan Bangunan Tanpa IMB

PROSUMUT – Satpol PP Labura menertibkan sebua bangunan yang diduga tidak mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB), di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Kualuh Hulu, Senin 12 Juli 2021. Langkah itu setelah petugas mendapat laporan pengaduan dari LSM.

Kabid Perda Satpol PP Labura, Nursita Tampubolon menyampaikan bahwa pihaknya melihat kondisi bangunan ruko sudah berdiri dan hampir 50 persen rampung.

“Sudah kita laksanakan pemanggilan tetapi tidak mau hadir, tentang bangunan ruko kapasitas bertingkat tanpa ijin IMB, untuk sementara pengerjaan bangunan dihentikan sebelum ada izin bangunan dan legalitasnya dari instansi terkait dan adanya identitas pekerja selaku penduduk pendatang. Dan pada saat ini pandemik Covid-19,” ucap Nursita.

BACA JUGA:  Tebingtinggi Raih Penghargaan Kota Layak Anak Tingkat Madya

Selanjutnya, Nursita menegaskan, pihaknya akan menyegel bangunan ruko ini. “Apabila mereka tidak bisa menunjukkan izin IMB dan ada lagi masalah laporan lainnya bahwa pembangunan ruko ini telah melawati batas bangunan sehingga memakan jalan Provinsi milik Negara,” ucap Nursita.

BACA JUGA:  Ex Hotel Soechi Diujicoba Jadi Lokasi Isoman Positif Covid-19

Kadis Perizinan, Asril Hasibuan di lokasi bangunan bermasalah, kepada awak media mengatakan setelah aparat Satpol PP turun ke lokasi, bangunan tersebut memang belum mengantongi IMB dan dokumen pendukung lainnya.

Untuk itu pihaknya mengambil tindakan tegas dengan memberhentikan proses pembangunannya, menurutnya bangunan itu tanpa IMB dibangun.

BACA JUGA:  Pemko Medan dan Kejari Belawan Lanjutkan Kerjasama 

Menurut dia, Pemkab Labura terus mengimbau kepada masyarakat agar mengurus izin terlebih dahulu sebelum proses pembangunan dilakukan. Namun masih ada yang membandel atau tidak menghiraukan imbuhan tersebut.

Untuk menghindari pembangunan liar, pihaknya meminta masyarakat ikut mengawasi di lingkungannya masing-masing. Apabila ditemukan agar segera memberi pengaduan langsung ke Satpol PP Kabupaten Labuhanbatu Utara. (*)

 

Reporter : Sofyan Ritonga
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            :

Konten Terkait

Bupati Asahan Tinjau Penyembelihan Kurban Seluruh Dinas

admin2@prosumut

Bupati Langkat Terus Bergerak Pulihkan Ekonomi Rakyat

Editor Prosumut.com

Hasil Paripurna, Ada 8 Fraksi di DPRD Langkat

Editor prosumut.com