Prosumut
Kesehatan

Puluhan Anak Usia 12-17 Tahun Divaksin Covid-19 di RS USU

PROSUMUT – Sebanyak 20 anak usia 12 sampai 17 tahun divaksin Covid-19 di Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (RS USU), Medan pada Kamis 8 Juli 2021.

Direktur Penelitian dan Kerjasama RSU USU dr Ivana Alona mengatakan, kegiatan vaksinasi anak akan berlangsung sampai satu bulan. Vaksinasi dilakukan pada Senin sampai Jumat sekitar pukul 13.00 WIB-14.30 WIB.

“Maksimal 20 anak setiap hari dalam sebulan ini, sambil kami menunggu stok vaksin dari Dinas Kesehatan Kota Medan,” kata Ivana.

BACA JUGA:  Medan Minta Jatah Tambahan Vaksin Covid-19

Dia juga mengatakan, jika memang stok vaksin sudah ada, maka pihaknya akan berkoordinasi lagi ke depan untuk melakukan vaksinasi anak. Namun, vaksinasi ini khusus bagi warga kota Medan saja.

“Jika anak ada yang mengalami gangguan atau efek samping, maka akan langsung diberikan kepada Tim KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) untuk ditangani. Namun, sejauh ini belum ada anak yang mendapatkan gejala apapun,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Sumut Terima 253.500 Dosis Vaksin Covid-19

Ivana menuturkan, anak yang divaksin corona ini tidak ada paksaan. “Anak-anak ini secara mandiri bersama orang tuanya datang untuk divaksin, dan sebelumnya sudah mendaftar. Kita tidak ada kerjasama dengan sekolah manapun,” tuturnya.

Dijelaskan Ivana, sebelum para anak divaksin, terlebih dahulu dilakukan skirining dan pendataan. Kemudian, memberikan surat persetujuan tindakan kepada orang tua. Hal ini tujuannya agar apapun tindakan yang dilakukan pada vaksinasi anak atas berdasarkan izin dari orang tua. Selanjutnya, barulah anak masuk ke ruangan untuk mendapatkan suntikan vaksin.

BACA JUGA:  Medan Minta Jatah Tambahan Vaksin Covid-19

“Anak yang divaksin hari ini sudah atas izin orangtuanya. Vaksin yang kita gunakan sama dengan yang digunakan orang dewasa yaitu Sinovac. Setelah divaksin, mereka kita pantau selama 15 menit. Jika tidak ada KIPI, anak diperolehkan pulang,” tandasnya. (*)

 

Reporter : Rayyan Tarigan
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Ini Tahapan Pelaksanaan Vaksin Covid-19 di Sumut

Editor Prosumut.com

Sudah 6.129 Kasus Covid-19 di Sumut

admin2@prosumut

Olahraga di Tengah Pandemi Boleh, Tetapi!

admin2@prosumut