Prosumut
Sosial Budaya

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ramai-ramai Bersihkan Sungai Babura

EPAPER

PROSUMUT – Puluhan relawan dari sejumlah lembaga melakukan aksi bersih sampah dan menebar eco enzyme di Sungai Babura Medan, Minggu, 6 Juni 2021. Aksi bersih tersebut dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia sekaligus agenda aksi River Cleanup World 2021.

Anggota DPRD Sumut, Rusdi Lubis bersama Kadis Kebersihan dan Pertamanan, Muhammad Husni didampingi Lurah Petisah Tengah M Hafiz TA Parinduri, Founder Explore Sumatera, Joni Kurniawan, Ketua P3KS Aminurasid, Koordinator VRI Sumut Irfan Tri Handoko, Ketua PFI Medan Rahmad Suryadi, Founder B Ge Creator, Ketua FAJI Medan, Ketua FAJI Medan, M Azhim Bakhri, Direktur Pilar, Ismail dan sejumlah relawan meresmikan Sekolah Sungai Kampung Sejahtera usai melakukan aksi bersih.

Anggota DPRD Sumut yang juga Ketua KAHMI Sumut Rusdi Lubis mengatakan, dalam melakukan aksi untuk sebuah perubahan yang lebih baik dibutuhkan keterlibatan dari banyak pihak. “KAHMI Sumut siap untuk membantu berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan,” kata Rusdi.

Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan M Husni mengatakan, kolaborasi antara pemerintah dengan sejumlah lembaga khususnya relawan sangat diperlukan dan sangat kuat untuk membuat perubahan yang lebih baik dan menjadikan keberkahan kota Medan.

“Perlu kolaborasi antara pegiat lingkungan dan pemerintah untuk efektifitas menjaga lingkungan dari kerusakan. Jika bisa dimaksimalkan, sinergisitas ini sangat membantu pemerintah, khususnya Kota Medan untuk menjamin lingkungan yang lebih baik bagi masyarakat,” ungkap Husni.

Lingkungan yang baik, menurut Husni, sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Apalagi, tidak menutup kemungkinan, upaya pelestarian lingkungan juga berdampak positif pada perekonomian masyarakat.

Ditambahkan dia, saat melakukan pengarungan aksi bersih dari Taman PLN menuju Kampung Sejahtera Medan ada potensi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian terutama untuk kunjungan wisata.

“Master plan-nya telah disiapkan untuk pengembangan pariwisata di Kampung Sejahtera yang juga terkenal dengan kuliner tradisionalnya. Karena itu, kita harus menjaga lingkungan terutama bantaran Sungai Babura agar tampak bersih dan indah,” ujarnya.

Senada disampaikan Ketua Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS), Aminurasid. Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi untuk menjaga lingkungan, terkhusus di bantaran Sungai Babura.

Dalam kegiatan tersebut, PFI Medan ikut berpartisipasi memamerkan puluhan karya foto jurnalistik dengan tema lingkungan. Selain itu, juga di hari Lingkungan Hidup Sedunia ini juga diresmikan Sekolah Sungai Kampung Sejahtera. (*)

 

Reporter : Rayyan Tarigan
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Mandiri Syariah dan Rumah Zakat Kerjasama Tingkatkan Layanan ZISWAF

admin2@prosumut

Pertabalan Sultan Bilah X, Sabrina: Kebangkitan Pengembangan Daerah Pantai Timur

admin2@prosumut

Bupati Labuhanbatu Apresiasi Pergelaran Wayang Kulit Jawi-jawi

Editor Prosumut.com