Prosumut
Umum

Trafik Layanan Broadband di Sumatera Diproyeksikan Tumbuh 12,3 Persen

PROSUMUT – Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat di setiap aktivitas dan kegiatan ibadah yang dilakukan sepanjang ramadan dan idul fitri (RAFI) 1442 H (2021).

Kesiapan tersebut diwujudkan dengan secara konsisten dan berkelanjutan untuk melakukan pengamanan dan pemantuan operasional jaringan khususnya layanan broadband.

Yang difokuskan di wilayah dengan potensi lonjakan trafik komunikasi yang tinggi, serta optimalisasi titik layanan pelanggan di berbagai saluran digital.

Executive Vice President West Area Telkomsel Gilang Prasetya menyampaikan, Telkomsel memprediksi akan ada peningkatan trafik komunikasi sepanjang momen RAFI 2021 di wilayah Sumatera.

“Trafik layanan broadband di Sumatera akan tumbuh hingga 12,3 persen, sementara untuk trafik layanan panggilan suara akan tumbuh 1,8 persen jika dibandingkan dengan hari biasa. Telkomsel yakin pemanfaatan produk dan layanan digital pelanggan di wilayah Sumatera akan semakin tinggi, apalagi di momen RAFI 2021,” kata Gilang dalam pemaparan kesiapan Telkomsel pada ramadan dan idul fitri secara virtual, Senin 12 April 2020.

Gilang juga menyampaikan, Telkomsel juga menggelar berbagai aktivitas dalam mengamankan jaringan di wilayah Sumatera, seperti penambahan 121 BTS 4G Baru, melakukan optimalisasi jaringan di 165 Point of Interest (POI) serta menambah kapasitas jaringan di sejumlah BTS.

Berbagai POI yang difokuskan seperti 58 residensial, 67 special area yakni pusat pelayanan publik, perbelanjaan dan lain-lain, 14 bandara/pelabuhan, 7 rumah sakit rujukan Covid-19, 18 jalur transportasi dan jalur mudik, dan 1 tempat ibadah.

“Telkomsel juga telah menggelar drive test atau pengecekan jaringan hingga lebih dari 7.000 Km yang mencakup ruas tol Trans Sumatera dan jalur alternatif serta utama di wilayah Sumatera,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, Telkomsel berkomitmen memperkuat upayanya untuk memudahkan pelanggan dalam mengakses informasi produk dan layanan hingga melakukan aktivasi produk Telkomsel pada RAFI tahun ini.

Maka dari itu, Telkomsel mengajak pelanggan untuk lebih memanfaatkan pusat layanan dan saluran produk digital yang tersedia di berbagai platform yang terus dioptimalkan oleh Telkomsel dari waktu ke waktu.

Pelanggan bisa mengakses pusat layanan di Call Center 188, aplikasi MyTelkomsel, situs www.telkomsel.com, email cs@telkomsel.co.id, serta akun resmi Telkomsel di LINE (@Telkomsel), WhatsApp (Telkomsel Virtual Asisten), Facebook Messenger (Telkomsel), Telegram (@telkomsel_official_bot), dan Twitter (@Telkomsel).

Sebelumnya, Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, pada RAFI tahun ini, pengamanan operasional jaringan Telkomsel sebagai antisipasi lonjakan trafik komunikasi khususnya akses broadband untuk konektivitas digital akan difokuskan di wilayah residensial, rumah ibadah, rumah sakit penanganan Covid-19.

Selain itu, titik transit transportasi seperti bandara, terminal bus, pelabuhan, jalur penyaluran logistik, serta area spesial lainnya seperti pusat pelayanan publik.

“Secara keseluruhan, optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan tersebut akan difokuskan di 554 point of interest (POI) di seluruh Indonesia, yang terdiri dari 255 area residensial, 21 rumah sakit rujukan COVID-19, 43 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan), 196 area spesial seperti pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan, 32 area jalur transportasi dan logistik, serta 7 rumah ibadah besar,” ungkap Nugroho dalam kesempatan yang sama.

Menurutnya, Telkomsel memperkirakan akan tetap terjadi pergerakan yang cukup signifikan pada trafik komunikasi di momen RAFI 2021 jika dibandingkan dengan hari normal di 2021.

Trafik layanan broadband diprediksi akan tumbuh sebesar 8,54 persen, sedangkan trafik layanan panggilan suara dan SMS diproyeksi akan mengalami peningkatan sebesar 3,14 persen dan 2,95 persen.

Proyeksi tersebut terutama didasari dengan semakin cepatnya perubahan perilaku masyarakat dalam mengadopsi pemanfaatan layanan digital untuk mendapatkan kemudahan dan pengalaman lebih dalam menjalani aktivitas keseharian, khususnya di tengah pandemi Covid-19.

“Memahami hal tersebut, Telkomsel secara proaktif telah menjalankan berbagai upaya penguatan kualitas dan kapasitas jaringan dengan mengoperasikan tambahan 63 unit Compact Mobile BTS (Combat) dan menambah kapasitas internet capacity menjadi 8,07 Tbps. Di samping itu, hingga April 2021 Telkomsel juga telah menggelar tambahan 263 unit BTS 4G/LTE baru, sehingga secara keseluruhan Telkomsel kini telah mengoperasikan lebih dari 236.000 unit BTS yang sebagian besarnya telah didukung teknologi broadband 3G dan 4G/LTE. Selain itu, lebih dari 50 kota/kabupaten di Indonesia juga telah terlayani layanan VoLTE,” ujarnya. (*)

 

Reporter : Rayyan Tarigan
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Karyawan Outsourcing PT Wika Beton Demo

Editor prosumut.com

Ini Harapan KPU Binjai ke 30 Relawan Demokrasi

Editor Prosumut.com

Pengendara Dihimbau Lalui Jalan Alternatif

Editor prosumut.com