Prosumut
Kesehatan

Puasa Saat Pandemi, Masyarakat Diimbau Menjaga Kesehatan Tenggorokan dan Lambung

PROSUMUT – -Agar bisa menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh masyarakat muslim diimbau untuk menjaga kesehatan tenggorokan dan lambung.

“Saat ini musim tidak menentu, siang panas dan malam hujan, atau sebaliknya. Makanya jaga kesehatan tubuh, seperti kesehatan tenggorokan dan lambung. Jangan sampai, kita tidak bisa menjalani kewajiban itu. Kita juga harus waspada terhadap gelombang kedua Covid-19,” ujar Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Medan, Wijaya Juwarna pada wartawan, Selasa 13 April 2021.

Dokter Spesialis THT-KL ini juga menyarankan agar mengurangi makan goreng-gorengan saat berbuka puasa. Sebab, gorengan pemicu radang tenggorokan.

“Jajanan gorengan yang belum kita tahu minyak seperti apa yang digunakan bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Sebaiknya kurangi makan makanan gorengan,” terangnya.

Selain dari makanan, sambungnya salah satu penyebab sakit tenggorokan atau radang tenggorokan adalah perubahan cuaca. Saat kondisi dimana tubuh tidak sehat atau dengan kata lain kurang fit.

“Apalagi kalau kurang istirahat, saat seperti itu, kemungkinan terkena sakit tenggorokan sangat besar. Usahakan istirahat dengan cukup yakni jangan di bawah enam jam,” sebutnya.

Selain itu, Wijaya juga meminta umat muslim menjaga kesehatan lambung.

Wijaya pun menganjurkan agar banyak minum air, sayur dan buah-buahan yang banyak mengandung air.

“Biasanya setiap empat jam sekali, lambung kita kosong. Saat itu, asam lambung ini bekerja, untuk menghancurkan makanan. Makanya hindari agar lambung terlalu asam, yang bisa membuat klep (sphincter esofagus) lambung menjadi longgar. Hindari makan coklat, potongan lemon, cabai yang berlebihan. Cabai ini mengandung banyak vitamin C, mengandung asam askorbat. Namun kalau kebanyakan bisa sebabkan radang tenggorokan,” jelasnya.

Dokter yang praktek di Rumah Sakit Columbia Asia ini juga menganjurkan, untuk tidak lupa memakai masker jika beraktivitas di luar rumah, ataupun sholat berjamaah. Karena mengingat wabah corona saat ini masih melanda seluruh negeri.

“Rajin cuci tangan atau gunakan hand sanitizer dan tetap menjaga jarak,” tukasnya. (*)

 

Reporter : Nastasia
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Innisfree Hadirkan 100 Produk Resmi dan Promo Ekslusif di JD.ID

Editor prosumut.com

12 Ribu Warga Medan Calon Peserta Baru PBI BPJS Kesehatan Terancam Batal

Ridwan Syamsuri

Ini Tahapan Pelaksanaan Vaksin Covid-19 di Sumut

Editor Prosumut.com