Prosumut
Sosial Budaya

Sejalan Pembangunan Kawasan Industri, FKLPI Batubara Dibentuk

EPAPER

PROSUMUT – Berdasarkan surat dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI, cw Ditjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas, rapat koordinasi digelar untuk membentuk Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan Industri (FKLPI) Kabupaten Batubara, belum lama ini.

Bertempat di RM Buffet Mangga, rapat koordinasi (Rakor) berlangsung dan dihadiri Apindo Batubara, Dunia Usaha Dunia Industri, Akademisi, Kadin, SPSI, Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Batubara dan mewakili Kemenaker serta Ketua FKLPI Sumut yang akrab disapa Abong.

BACA JUGA:  JNE Medan Sumbangkan Perahu Karet Kepada BSMI Sumut

Ketua FKLPI Batubara Ahmad Muzawwir mengatakan bahwa kehadiran forum ini sejalan dengan pembangunan kawasan industri.

Apalagi daerah ini ditetapkan sebagai kawasan strategis Nasional. “FKLPI Daerah Batubara berfungsi sebagai jembatan atau wadah komunikasi antara Lembaga Pelatihan Kerja (BLK) dengan dunia industri,” ujarnya kemarin.

BACA JUGA:  JNE Medan Sumbangkan Perahu Karet Kepada BSMI Sumut

Pembentukan itu juga dengan mempertimbangkan kebutuhan industri dan menyiapkan calon tenaga kerja bagi putra Batubara, Sumatera Utara, yang berkompeten dan berdaya saing sebagai output dari kegiatan pelatihan.

Dengan adanya FKLPI Batubara, Muzawwir berharap adanya sinergi antara BLK dengan industri di Batubara. Sehingga mampu menurunkan angka pengangguran usia produktif.

“Jadi tidak peu lagi merantau ke negeri jiran tetangga kita seperti Malaysia atau negara lainnya. Ada pepatah mengatakan, walau hujan emas di negeri orang, lebih baik hujan batu di negeri sendiri,” katanya mengungkapkan sakitnya merantau keluar negeri dan jauh dari keluarga ungkapnya.

BACA JUGA:  JNE Medan Sumbangkan Perahu Karet Kepada BSMI Sumut

Dengan kawasan industri lanjutnya, kesempatan lapangan kerja terbuka bagi masyarakat khususnya Batubara. (*)

 

Reporter : Iqbal Hrp
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Nasril Bahar Salurkan Bantuan APD dan Perangkat Cuci Tangan

admin2@prosumut

Pesta Babi di Danau Toba

valdesz

Pertamina MOR I Salurkan Bantuan Modal pada UMKM di Sumut 

admin2@prosumut