Prosumut
Pemerintahan

Disdik Labuhanbatu Gelar Seleksi Calon Kepsek

EPAPER

PROSUMUT – Dinas Pendidikan (Disdik) Labuhanbatu menggelar seleksi substansi calon kepala sekolah (kepsek) 2021 di Aula BKPP Jalan Arsol Adam Rantauprapat, beberapa waktu lalu.

Seleksi yang diawali dengan pelatihan tersebut diikuti sedikitnya 80-an orang, terdiri dari guru dan kepsek SD dan SMP yang belum memiliki sertifikat pelatihan.

BACA JUGA:  Wali Kota Tebingtinggi Sambut Kedatangan Peserta Latsitardanus 2021

Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Pendidikan Labuhanbatu Asrol Azis Lubis menyebutkan bahwa pelatihan tersebut digelar selama dua hari, termasuk ujian tertulis maupun wawancara (31 Maret – 1 April 2021).

Pelatihan dan seleksi substansi ini berdasarkan peraturan Mendikbud yang mengharapkan seorang kepsek memiliki kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial.

BACA JUGA:  Pemko Medan Kembali Gelar 151 Titik Pasar Murah 

Karenanya perlu dilakukan penataan sistem rekrutmen kepsek, meliputi pengusulan calon, seleksi administratif, dan seleksi akademik. Sedangkan proses pendidikan dan pelatihan meliputi pemberian pengalaman pembelajaran secara teoritik dan praktik.

“Tahap pemerolehan sertifikat kepala sekolah menjadi sangat penting, karena tahap ini adalah ujung akhir bagi upaya memilah dan memilih calon kepala sekolah yang layak dan memenuhi persyaratan baik secara administratif maupun akademik, serta memenuhi harapan publik,” ujarnya.

BACA JUGA:  Jelang Pilkada Ulang di Labuhanbatu, Ini Pesan Pj Bupati

Adapun syarat mengikuti pelatihan tersebut yakni usia maksimal 55,5 tahun. Sementara tim seleksi didatangkan dari LPPKS Solo sebanyak 9 orang. (*)

 

Reporter : Hendro Syahputra Nasution
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

DPRD Medan Dorong Pemko Lelang Aset Tertumpuk

Ridwan Syamsuri

Peringatan Hari Ibu Perkuat Persaudaraan

admin@prosumut

Ketua TP PKK Sumut Gelar Konferens Dengan Kabupaten Kota

admin2@prosumut