Prosumut
Pemerintahan

Dinas PUPR Asahan Normalisasi Saluran Air

EPAPER

PROSUMUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melalui Dinas Pekejaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menormalisasi saluran pembuangan air di sejumlah kawasan.

Adapun saluran yang dinormalisasi diantaranya, kawasan Perkebunan Seidadap (alur dari Kisaran Naga), alur di seputaran Jalan Sutami dan parit di sekitar Stadion Mutiara serta Karang Anyar.

BACA JUGA:  Datun Kejari Binjai Rakor dengan BPJamsostek: Bahas Inpres No 2/2021

Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi luapan air yang kerap terjadi saat musim penghujan. Satu unit alat berat ekskavator disiapkan dalam pengerjaannya sejak pekan lalu.

Selain antisipasi banjir, kondisi saluran air tersebut juga mengalami sedimentasi atau pendangkalan serta banyak sampah di dalamnya. Karena itu normalisasi akan dilakukan bertahap.

BACA JUGA:  Pemkab Langkat Terima Hibah Peninggalan Budaya dari Balai Arkeologi Sumut

Bupati Asahan H Surya menyebutkan, kondisi di kabupaten terutama Kisaran kerap terjadi banjir jika hujan turun. Karenanya langkah antisipasi ini juga menjadi janji politiknya saat kampanye lalu.

“Peran serta masyarakat lebih penting dan menjadi solusi awal, ketika pemerintah juga mempersiapkan solusinya. Produsen sampah terbesar adalah manusia, maka manusialah yang menjaga lingkungan untuk tetap terjaga agar sampah tidak terbuang bukan pada tempatnya,” ucap Bupati belum lama ini.

BACA JUGA:  Paripurna Hari Jadi ke-73 Provinsi Sumut, Ini Kata Gubernur

Dirinya juga mengimbau agar masyarakat menggiatkan gotong royong, membuang sampah pada tempatnya serta tidak menutup saluran air. (*)

 

Reporter : Nikmatullah Johari
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Harimau Sumatera yang Sempat Terkam Warga di Palas, Dievakuasi ke Padang

Ridwan Syamsuri

Wamen LHK Kagum Lihat Bukit Lawang dan Tangkahan

admin2@prosumut

Pemko Medan Dukung Penuh Kampanye Hidup Bersih

Editor prosumut.com