Prosumut
Pemerintahan

Kelurahan Sudirejo II Medan Kota Unggulkan Kampung Tangguh

EPAPER

PROSUMUT – Kelurahan Sudirejo II, Kecamatan Medan Kota Unggulkan Kampung Tangguh dan Kelompok Tani Bougenville yang berada Jalan Kemiri IO Gang Kelapa Lingkungan 8.

Lurah Sudirejo II, Irawadi, kepada wartawan ini, Rabu 17 Maret 2021, menjelaskan kalau kampung tangguh dan kelompok tani yang dibuat pada 2019 itu di lahan tanah kosong milik warga.

Dimana, sebelumnya lahan tanah kosong milik warga itu digunakan sebagai tempat kumpul kumpul para pemuda yang dikhawatirkan disalahkan gunakan sebagai tempat nongkrong.

Sehingga, kelurahan dan masyarakat sepakat untuk memanfaatkan lahan tanah kosong milik warga itu untuk dibuat kampung tangguh.

“Dulunya lahan tanah kosong milik warga ini terlihat kondisi semak dan tidak terurus. Jadi, setelah pihak Kelurahan dan Masyarakat berkoordinasi kepada pemilik lahan tanah kosong untuk dimanfaatkan sebagai kampung tangguh. Maka, pemilik lahan tanah kosong itu mempersilahkan untuk dimanfaatkan,” bilang Irawadi.

BACA JUGA:  Wali Kota Lantik 21 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Tebingtinggi 

Dilanjutkannya, dimana didalam kampung tangguh itu pihak Kelurahan Sudirejo II, Kecamatan Medan Kota bersama masyarat itu ada menanam berbagai tanaman sayuran seperti kangkung, timun, kacang panjang, Paria serta terong dan tanaman hidroponik.

Selain itu juga di kampung tangguh itu juga ada menyediakan tempat sarana bermain anak-anak seperti ayunan, tempat duduk serta mainnya anak lainnya.

“Di kampung tangguh itu juga kita ada menyediakan Bibit ikan lela,” bilang Irawadi.

Masih kata Irawadi, kalau hasil tanaman berbagai sayuran yang ditanam di kampung tanggung itu juga ada dibagikan kepada warga untuk mensejahterakan warga sekitar.

BACA JUGA:  Wali Kota Lantik 21 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Tebingtinggi 

Lalu sebagian untuk kuntuk kelompok PKK Kelurahan yang akan digunakan untuk kegiatan kelurahan PKK.

“Artinya kegiatan Kampung Tangguh ini didukung masyarakat sekitar bahkan mereka berpartisipasi setiap Sabtu senam dengan dana sendiri,” sebutnya.

Untuk Perawatan yang dilakukan adalah dengan menyiram tanaman dan menempatkan petugas dari kelurahan serta petugas kebersihan kecamatan yang di khususkan untuk di kampung tangguh di kelurahan ini.

Perlu diketahui kalau Kampung tangguh ini juga pernah dikunjungi oleh anggota DPRD Medan seperri Dedi Ashari Nasution dari Fraksi Gerindr dan Afif Abdillah.

BACA JUGA:  Wali Kota Lantik 21 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Tebingtinggi 

Dimana, Mereka berjanji akan membantu masyarakat dan Kelurahan Sudirejo II dalam menngganti rugi lahan milik warga yang digunakan sebagai kampung tangguh untuk diganti rugi oleh Pemko Medan.

“Kalau bisa diambil untuk diganti rugi oleh pemko Medan biar ada tempat Taman edukasi masyarakat untuk menanam. Sehingga masyarakat dapat merasakan taman terbuka hijau di kelurahan Sudirejo II,” ujarnya.

Dirinya hanya bisa berharap kedepannya kampung tangguh ini yang masih merupakan lahan tanah milik warga ini bisa menjadi aset Pemko Medan dengan cara ganti rugi. Sehingga bisa sebagai Tempat terbuka hijau untuk Sudirejo II ini. (*)

 

Reporter : Rayyan Tarigan
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Pjs Bupati Labuhanbatu Siap Kolaborasi dengan ACT

Editor Prosumut.com

Pemko Binjai Segera Buka Lelang Tiga Jabatan

Editor prosumut.com

Ombudsman Beberkan Tiga Maladministrasi Dinkes soal Insentif Nakes Pirngadi

Editor Prosumut.com