Prosumut
Pemerintahan

Diskominfo Sumut Gelar Rakor Statistik Sektoral 2021

EPAPER

PROSUMUT – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumatera Utara (Sumut) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral Provinsi Sumut Tahun 2021, di Aula Transparansi Diskominfo Sumut, Jalan HM Said Medan, Rabu 17 Maret 2021.

Rakor diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dan para Kepala Diskominfo Kabupaten/Kota.

Dalam Rakor yang berlangsung dua sesi tersebut, Kepala Diskominfo Sumut Irman Oemar menyampaikan, kalau dulu disebutkan bahwa siapa yang menguasai informasi dan komunikasi maka dialah yang akan menguasai dunia.

“Tapi saat ini sudah berubah, siapa yang menguasai data dialah yang terpenting, khususnya di tengah pandemi Covid-19 ini,” kata Irman.

Untuk itulah, Irman mengajak semua peserta Rakor Statistik Sektoral untuk tetap semangat dalam menyajikan data statistik sektoral yang valid.

BACA JUGA:  Wali Kota Lantik 21 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Tebingtinggi 

“Harapan saya kita semua meskipun ada berbagai hambatan dalam data statistik sektoral ini, tetaplah jangan menyerah,” ujar Irman.

Sebelumnya, Rakor dibuka oleh Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo Sumut Abdul Aziz Batubara. Rakor ini juga menghadirkan dua narasumber yakni Ir Masta Juwita Gurning merupakan Fungsional Statistik Madya Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut serta Friendly merupakan Dosen Politeknik Negeri Medan.

Dalam sambutannya, Abdul Aziz menyampaikan, tujuan digelarnya Rakor adalah untuk memperkuat sinergi terkait akselerasi dan persepsi data Pemprov Sumut guna memvalidkan data dari setiap OPD.

Dimana nantinya, data tersebut akan diolah, dianalisis, kemudian dihimpun kedalam Buku Data Statistik Sektoral Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021.

Selain Itu, ia juga menjelaskan fungsi Diskominfo Sumut berdasarkan Pergub Sumut Nomor 56 Tahun 2018 sebagai walidata daerah yang menjadi pusat penyebarluasan data tingkat daerah.

BACA JUGA:  Wali Kota Lantik 21 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Tebingtinggi 

Hal tersebut bermakna bahwa Diskominfo Sumut berperan penting dalam meningkatkan dan mengembangkan kualitas data dan informasi, namun untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan koordinasi dan sinergitas yang baik antar-OPD untuk mencapai kesepakatan guna menyukseskan visi misi Sumut Bermartabat.

Sebelumnya, Diskominfo Sumut telah menyediakan sistem aplikasi pengelolaan statistik sektoral yang bisa diakses melalui  statistiksektoral.diskominfosumutpro.go.id.

Namun, dalam realisasi penggunaannya, beberapa OPD masih belum maksimal dalam memasukkan data OPD.

Guna memaksimalkan input data statistik sektoral maka Diskominfo Sumut menggelar Rakor yang diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada setiap OPD untuk lebih baik dalam menyajikan dan memasukkan data OPD.

BACA JUGA:  Wali Kota Lantik 21 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Tebingtinggi 

Pada kesempatan itu, Masta Juwita Gurning menyampaikan materi tentang kompilasi produk administrasi.

Dikatakannya, ada beberapa masalah yang selama ini dihadapi dalam data statistik sektoral, pertama adalah beda data statistik antarinstansi, kedua perbedaan data geopasial antarinstansi dan ketiga adalah sulitnya mencari data pemerintah.

“Untuk itu, maka kita perlu melakukan tata kelola data statistik sektoral dengan prinsip satu data,” ujar Masta.

Sementara Friendly memaparkan materi tentang teknis sistem pengelolaan data statistik sektoral.

Dikatakannya, baik masing-masing OPD di jajaran Pemprov Sumut maupun Dinas Kominfo dari 33 kabupaten/kota di Sumut dapat melakukan input data statistik sektoral melalui aplikasi statistik sektoral yang sudah dibuat Dinas Kominfo yakni statistiksektoral.diskominfosumutpro.go.id. (*)

 

Reporter : Nastasia
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Unit Kerja Diminta Cermati Jadwal dan Awasi Proyek Fisik

Editor prosumut.com

Bupati Batubara Hadiri Pelepasan 150 Unit Rumpon

admin2@prosumut

Buangan Limbah Kotor ke Parit, Hotel Le Polonia Diancam Segel

Editor prosumut.com