Prosumut
Kesehatan

Ratusan Lansia Peroleh Vaksin Covid-19 di RSUP H Adam Malik

EPAPER

PROSUMUT – Ratusan lansia yang berasal dari Kota Medan memperoleh vaksin Covid-19 secara gratis di Rumah Sakit Umum Pusat Haji  Adam Malik (RSUP HAM), Senin 8 Maret 2020. Pelaksanaan vaksin gratis ini diharapkan bisa memutus rantai penyebaran Covid-19 di Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Menurut Dirut RSUP HAM, dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP yang didampingi Ketua Tim Vaksin Covid19 RSUP HAM, dr Zuhrial SpPD-KAI dan drg Helena Surbakti, M.Kes bahwa vaksin Covid-19 khusus lansia ini sudah dimulai sejak kemarin (Jumat 5 Maret 2021).

“Memang untuk paling banyak hari ini dan kita targetkan sekitar 200 sampai 250 orang perhari. Karena waktu vaksin massal yang non lansia kita bisa capai hingga 300 lebih. Namun karena ini lansia kita melihat dulu bagaimana proses lansia ini berpindah dari satu kursi ke kursi lainnya pastinya butuh waktu,” terangnya pada wartawan.

BACA JUGA:  Kasus Baru Positif Covid-19 Sumut Melonjak, Tambah 115 Orang

Terkait jumlah peruntukan vaksin pada lansia ini, dr Zainal mengatakan tidak dibatasi akan dilakukan sampai selesai. Karena seluruh Kota Medan dan di Sumut melakukan hal yang sama.

“Jatah tidak terbatas ya akan dilakukan sampai selesai,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, dr Zainal juga mengatakan meskipun lansia banyak komorbit (penyakit penyerta) namun sudah bisa dilakukan vaksinasi. Saat ini sudah 1 juta hampir 2 juta lebih sudah melalukan vaksinasi. Begitupun pihak rumah sakit tetap melakukan pemeriksaan komorbit pada lansia sebelum divaksinasi.

BACA JUGA:  Kasus Baru Positif Covid-19 Sumut Melonjak, Tambah 115 Orang

“Saya rasa cukup aman. Saat ini juga tidak ada kendala pada lansia usai melakukan vaksinasi. Kita harapkan bila ada penyakitnya bisa konsultasi dulu dan kita juga telah siapkan tenaga kesehatan juga disini untuk konsultasi dan screening pada lansia,” sebutnya.

Dalam kesempatan yang sama diungkapkan Ketua Tim Vaksin Covid19 RSUP HAM, dr Zuhrial SpPD-KAI terkait Kejadian Ikutan Pasca Imuninasi (KIPI) belum ada ditemukan setelah vaksinasi.

BACA JUGA:  Kasus Baru Positif Covid-19 Sumut Melonjak, Tambah 115 Orang

“Kalau lansia baru saja ya belum ada. Tapi kalau pada tenaga kesehatan kemarin ada dijumpai yang ringan seperti nyeri, kemudian gatal, lemas dan itu ringan ya. Kalau yg berat tidak ada,” terangnya.

Sementara itu, drg Helena Surbakti, M.Kes menyarakan pada masyarakat bisa mendaftar melalui online. Namun apabila peserta lansia tidak memiliki android bisa datang langsung dengan membawa KTP.

“Bisa datang langsung dan kita akan terima untuk divaksin dengan syarat membawa KTP Medan dan usia di atas 60 tahun,” pungkasnya. (*)

 

Reporter : Nastasia
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Borong Masker dan Sanitizer? Respon Berlebihan Soal Corona

admin2@prosumut

Kasus Covid-19 Menurun, Sumut Sudah Tak Ada Zona Merah Lagi

Editor Prosumut.com

Polres dan Satuan TNI Labuhanbatu Bubarkan Kerumunan

admin2@prosumut