Prosumut
Pendidikan

Ketua PGRI Batubara Tinjau Pelaksanaan Try Out Guru PPPK

EPAPER

PROSUMUT Pembukaan pendaftaran seleksi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2021 semakin dekat.

Untuk itu Pengurus PGRI Batubara menggelar Try Out (TO) kepada para guru guna membantu menghadapi ujian.

Hal itu disampaikan Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Batubara, Ilyas Sitorus usai meninjau pelaksanaan TO daring bagi para guru non PNS (honor) yang digelar bekerjasama dengan Bimbel Adzkia Medan, di SMPN 1 Limapuluh, Sabtu 6 Maret 2021.

Menurut Ilyas, TO ini dalah langkah uji coba kemampuan guru dalam menguasai materi seleksi PPPK nantinya.

Untuk soalnya lanjut Ilyas, disusun oleh pihak tertentu yang memiliki pengalaman menggelar TO. Dengan harapan hasilnya bisa maksimal, yakni tingkat kelulusan tinggi.

Pria yang akrab disapa Ncekli ini pun menyebutkan bahwa seleksi PPPK terbuka bagi siapa saja yang memenuhi persyaratan mengikuti ujian.

“Maka kita harus siapkan guru-guru kita yang non PNS di Batubara,” sebut Ncekli.

Ncekli yang menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara pun mengibaratkan bahwa kekuatan rantai terletak pada sambungan atau titik terlemah (The strength of the chain lies in its weakest link).

Begitu pula dengan strategi menjawab soal dalam ujian, bagaimana peserta bisa memperkuat dan prioritaskan belajar pada yang kurang kuat.

“Dengan selalu mengikuti TO jadi mengetahui dimana letak kelemahan kita. TO itu bukan ujian lulus tidak lulus atau adu gensi mendapatkan nilai tertinggi, tetapi untuk mengevaluasi diri sejauh mana kesiapan kita saat ini,” sebut Ncekli.

Begitu juga terkait penyesuaian waktu ujian dengan jumlah soal, peserta akan terbiasa dengan sering mengikuti TO.

“Dengan sering TO, otak kita jadi terbiasa fokus dengan kepadatan waktu ujian. Siap konsentrasi berjam-jam mengerjakan puluhan soal dengan tingkat kesulitan tinggi dalam satu kali kesempatan,” terangnya.

Sementara Panitia Try Out, Rudi Salam mengatakan materi yang di ujikan adalah tes bakat skolastik, manajerial dan sosiokultural.

Pelaksanaannya selama satu hari di dua tempat berbeda yakni SMP Negeri 1 Airputih dan SMP Negeri 1 Limapuluh dengan jumlah peserta 810 orang.

Sebelumnya para guru non PNS mendaftar melalui Pengurus PGRI di Kecamatan.

Hasilnya kemudian akan diumumkan mulai 9 Maret 2021 melalui website www.adzkiastan.id dan dapat dilihat grup WA PGRI Kabupaten beserta kunci dan pembahasan.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris PGRI Batubara Darwinson Tumanggor dan pengurus lainnya beserta para Ketua PGRI kecamatan. (*)

 

Reporter : Iqbal Hrp
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Target Bupati Batubara, tak Ada Sekolah yang Akreditasi C

Editor prosumut.com

Konsep RUU Guru Dibahas, Sarjana Non-Dik Tak Boleh Lagi Mengajar

Editor prosumut.com

Tanoto Foundation Masih Buka Kesempatan Beasiswa Sekolah Menengah Mitra

Editor Prosumut.com