Prosumut
Pemerintahan

Muspika Medan Amplas Tertibkan PK5 di Jalan Sisingamangaraja

EPAPER

PROSUMUT – Unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kecamatan Medan Amplas menggelar penertiban pedagang kaki lima (PK5) di kawasan Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Hariosari I dan II, Jumat sore 5 Maret 2021.

Dalam penertiban ini petugas sempat bersitegang dengan pedagang yang mencoba melakukan perlawanan saat kiosnya akan diangkut petugas.

Camat Medan Amplas, Edi Mulia Matondang menyampaikan bahwa langkah penertiban PK5 adalah dalam rangka mewujudkan keindahan Kota Medan yang asri, sehat, bersih, nyaman dan berkah.

BACA JUGA:  Tingkatkan Pariwisata, Pemkab Batubara Jalin MoU dengan Pemko Sabang

Karena itu pihaknya bersama unsur Muspika seperti Polsek Patumbak, Koramil dan Satpol PP Medan menertibkan PK5 yang berjualan di atas trotoar.

Sebelumnya kata Camat, para PK5 sudah diberikan peringatan berupa teguran lisan hingga surat larangan berjualan di atas trotoar.

“Pihak kecamatan sudah memberi teguran lisan dan tulisan. Tetapi sepertinya pedagang tidak mengindahkan dan menggubris. Akhirnya kita tertibkan,” sebut Edi.

BACA JUGA:  Ijeck Berharap Revisi UU tentang Desa Dorong Pemerataan Pembangunan

Menurut Edi, penertiban PK5 merupakan langkah untuk menjaga keindahan kota dan ketertiban umum. Apalagi trotoar adalah sarana pejalan kaki, bukan untuk berjualan.

“Kalau pedagang itu berjualan di tempat yang layak dan tidak melanggar aturan, kan tidak mungkin kita tertibkan,” sebutnya.

BACA JUGA:  Tingkatkan Pariwisata, Pemkab Batubara Jalin MoU dengan Pemko Sabang

Usai penertiban itu, Edi pun berpesan kepada Lurah dan Kepling agar memperhatikan wilayahnya dengan baik. Jangan sampai kondisi serupa terjadi lagi.

“Lurah dan Kepling harus bisa bekerjasama. Perhatikan kondisi di wilayahnya. Jika di lokasi yang sama PK5.l berdagang lagi, kita tidak segan-segan menertibkan,” pungkas Edi. (*)

 

Reporter : T Sanjaya Loebis
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Pasar Tradisional di Sergai Dapat Wastafel, Cegah Covid-19

admin2@prosumut

PKK Perkenalkan Kota Binjai ke Tamu dari Sumbar

Editor prosumut.com

Gedung Public Safety Center di Binjai Diresmikan

Editor prosumut.com