Prosumut
Kesehatan

Semakin Membaik, Bayi Kembar Asal Labuhanbatu Mulai Bermain

EPAPER

PROSUMUT – Bayi kembar siam asal Labuhan Batu bernama Adam dan Aris kini semakin membaik bahkan keduanya sudah bisa bermain.

Hal ini dikatakan Sekretaris Tim Penanganan Kembar Siam RSUP H Adam Malik Medan Dr. Rizky Adriansyah, SpA(K) pada wartawan Kamis 18 Februari 2021.

Bahkan luka bekas operasi bayi kembar tersebut sudah cukup membaik karena sudah mengering.

“Saat ini sudah dirawat di ruang biasa di gedung paviliun RS Adam Malik. Selain itu, organ jantung dan hati yang menempel sebelum dipisah, juga tidak ada gangguan setelah dipisah. Keduanya sudah makan minum dengan baik, buang air besar dan buang air kecil juga tidak ada gangguan Adam dan Aris juga sudah bermain ceria,” ujar Rizky.

Saat ini kata Rizky, yang sedang mereka persiapkan adalah  mengundang pemda di tempat tinggalnya untuk perencanaan berobat jalan di RS di sana.

Termasuk pihaknya masih menilai kemandirian kedua orang tuanya untuk pengasuhannya.

“Masalah yang perlu dipikirkan ke depan adalah bagaimana kedua orangtuanya bisa mandiri dalam merawat kedua bayi setelah dipisah saat nanti sudah pulang ke rumah. Kita ingin ada perhatian dari pemerintah daerah di sana untuk berpartisipasi aktif memantau perkembangannya,” ucap Rizky.

Lanjut  Rizky bahwa ada perbedaan merawat satu bayi dengan dua bayi. Aspek tumbuh kembang dan imunisasi jangan sampai diabaikan, hanya karena tinggal di pelosok.

“Karena kalau untuk imunisasi saja harus kontrol ke RS Adam Malik, tentu menjadi biaya buat orangtua. Makanya butuh perhatian pemerintah setempat,” ucapnya.

Sementara itu, Kasubbag Humas RS Adam Malik Rosario Simanjuntak juga saat dihubungi via pesan singkat juga mengatakan bahwa kedua bayi yang telah dipisahkan 20  Januari 2021 itu kondisinya sudah membaik. (*)

 

Reporter : Nastasia
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Jenazah Akibat Covid-19 tak Boleh Dibalsem

admin2@prosumut

Pasien Covid-19 Positif Bertambah 1, Meninggal 1 dan 2 Sembuh 

admin2@prosumut

Orang Tanpa Gelaja akan Dikarantina di Kamar Hotel

admin002