Prosumut
Rilis & Seremoni

Efektif di Pakpak Bharat, Aplikasi E-Kinerja dan E-Absensi Dicoba ke Humbahas

PROSUMUT – Simulasi Penerapan e-Kinerja dan e-Absensi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2021 dibuka secara resmi oleh Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE diwakili oleh  Domu Lumbangaol, S.Pd, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Humbang Hasundutan didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Humbang Hasundutan, Drs.Hotman Hutasoit dan beberapa Pejabat lainnya di Aula Hutamas Perkantoran Tano Tubu, Doloksanggul, Senin 8 Februari 2021.

Kegiatan ini adalah sebagai tindak lanjut dari telah ditandatanganinya  MoU dan PKS (Perjanjian Kerjasama) antara Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat dengan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan tentang pengembangan sistem E-goverment beberapa waktu lalu.

Kepala BKD Humbang Hasundutan menekankan perlunya keseriusan para peserta saat mengikuti simulasi sebab para peserta inilah yang kelak akan menjadi ujung tombak pengembangan sistem dimaksut di lingkungan OPD masing-masing. Dia juga membacakan sambutan tertulis Bupati Humbang Hasundutan diantaranya bahwa Simulasi Penerapan e-Kinerja dan e-Absensi ini bukan formalitas belaka.

Aplikasi ini secara efektif akan diberlakukan tahun ini sebagai sistem informasi bagi pimpinan dalam menilai Kinerja ASN baik dan berkorelasi dengan besarnya pemberian penghargaan berupa tambahan penghasilan dan pembinaan karir ASN dilingkungan Pemkab Humbang Hasundutan seperti yang telah lama diterapkan oleh Pemerintah Pakpak Bharat.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pakpak Bharat, Aryanto Tinambunan, M.Si menyampaikan bahwa dalam meningkatkan pembangunan daerah, yang perlu dilakukan adalah mengurangi kompetisi dan meningkatkan kolaborasi.

Seperti diketahui, implementasi SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) di Pemkab Pakpak Bharat sudah masif sejak tahun 2017 lalu dan sudah diapresiasi berbagai instansi termasuk Kementerian PAN dan RB dengan predikat baik.

“Kita hadir di sini bukan untuk mengajari bapak/ibu tapi lebih berbagi pengalaman, karena kami lebih dulu mengimplementasikannya,” Ujar Aryanto Tinambunan.

Kegiatan simulasi yang dipandu Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Pakpak Bharat, Chairul Pane, SP, MM ini dilaksanakan selama dua hari kedepan. Direncanakan beberapa narasumber dari Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat termasuk Kepala Dinas Komunikasi Pakpak Bharat, Aryanto Tinambunan, M.Si, Kepala Bagian Organisasi, Chairul Pane, SP, dan PLH Kasi PDE, Saryanto, S.Kom  akan memberikan pemaparan mengenai implementasi dan pengembangan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik ini.

Sementara itu masing-masing Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan sendiri telah mengirimkan perwakilannya guna mengikuti pelatihan dan simulasi ini. (*)

 

Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

XL Axiata Terus Lanjutkan Fiberisasi di Sumatera

admin2@prosumut

Bobby Nasution Temui Para Juara MTQ Kota Medan 2020

Editor prosumut.com

Digital Creative Millennials Dorong Creativepreneur untuk Bertransformasi Digital

Editor Prosumut.com