Prosumut
Pemerintahan

SDM Berbasis Digital, Bupati Batubara Apresiasi Gradasi Sumut

EPAPER

PROSUMUT – Bupati Batubara H Zahir melalui Kepala Dinas Pendidikan, Ilyas Sitorus menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan rapat kerja daerah (Rakerda) DPD Generasi Digital Indonesia (Gradasi) Sumatera Utara (Sumut) yang digelar di Taman Air Singapore Land City, Seibalai, Minggu malam 31 Januari 2021.

Pihaknya mengaku bangga karena Batubara terpilih menjadi tempat pelaksanaan Rakerda Gradasi tersebut. Mengingat organisasi ini adalah wadah berkumpulnya para generasi yang ‘melek’ digital atau dunia teknologi informasi (TI).

“Kita berharap Gradasi bisa langsung menjalankan programnya dengan baik. Dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batubara siap menjadi tempat proyek percotohannya, apalagi saat pandemi Covid-19 begini,” ujar Ilyas didampingi Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Batubara Rahmad Sutanto.

BACA JUGA:  Arus Balik Idulfitri di Sumut, Edy Minta Perketat Penyekatan

Dalam arahannya, Ilyas yang juga Ketua PGRI Batubara mengaku bangga karena Gradasi dinilai sudah berfikir bagaimana menjadi fasilitator bagi masyarakat di bidang TI.

Untuk itu kami berharap organisasi ini menjadi pioneer agar masyarakat, khususnya di masa pandemi Covid-19 harus ‘melek’ teknologi,” sebut Ncekli, sapaan akrab Ilyas.

BACA JUGA:  Arus Balik Idulfitri di Sumut, Edy Minta Perketat Penyekatan

Sementara Ketua DPD Gradasi Sumut menyampaikan program yang mereka rancang dalam rangka memasyarakatkan dunia digital sebagai solusi menghadapi era digitaliasai ini.

“Rakerda ini untuk mendiskusikan dan merumuskan program kerja salama tahun 2021 dengan visi memasyarakatkan literasi digital bersama DPC Gradasi se Sumut, guna mengangkat potensi lokal,” katanya.

Menurutnya potensi karya anak bangsa di Sumut dalam bidang digitalisasi tidak kalah hebat denga yang ada di Pulau Jawa.

Rakerda ini juga diisi seminar terkait penguatan organisasi dengan topik ‘Motivator For Organization’ oleh pembicara Yoffi Adinata. Adapun catatan pentingnya adalah keberhasilan yang mencakup kepemimpinan, dukungan, motivasi, tujuan, kesuksesan, kerjasama dan soliditas tim.

BACA JUGA:  Arus Balik Idulfitri di Sumut, Edy Minta Perketat Penyekatan

Adapun tujuan dari Rakerda Gradasi Sumut ini diantaranya, memajukan dan meningkatkan SDM di bidang digitalisasi, literasi digital, pertumbuhan young netpreneurship, mengembangkan pendidikan berbasis digital dan peningkatan partisipasi serta kolaborasi lintas startup. (*)

 

Reporter : Rahman
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Baznas Asahan Serahkan Bantuan APD ke Ketua Gugus Tugas Covid-19

admin2@prosumut

Antisipasi Kemarau, BPBD Labuhanbatu Ingatkan Karhutla Hingga Puntung Rokok

Editor prosumut.com

Tempat Hiburan Malam Harus Tutup Selama Ramadan

Ridwan Syamsuri