Prosumut
Pemerintahan

Lemang Sebagai Ikon Kota Tebingtinggi Harus Dipertahankan

EPAPER

PROSUMUT – Lemang sebagai ikon Kota Tebingtinggi harus tetap dipertahankan. Dan untuk mempertahankan ikon tersebut dibutuhkan inovasi dan kreatifitas dari para pengusaha lemang yang ada, sebagai makanan tradisi Kota Tebingtinggi.

Demikian disampaikan Wali Kota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM saat menghadiri acara ‘Sarapan Lemang Bersama’ sekaligus peresmian secara simbolis Lokasi Wisata Lemang Kota Tebingtinggi, hasil pengabdian pada masyarakat LPPM USU Medan, di Gedung Balai Kartini  Kota Tebingtinggi, Jumat 29 Januari 2021.

Pada kesempatan tersebut Wali Kota turut mengatakan bahwa ini adalah merupakan langkah awal yang kita lakukan untuk kiranya menumbuhkan kreatifitas dari pengusaha lemang di Kota Tebingtinggi.

BACA JUGA:  Anggota DPRD Sumut Bantah Terjadi Pembludakan Pasien Covid-19

Sebab lemang ini bukan hanya menyangkut masalah produksinya saja, tetapi kemasannya, mutunya, rasa serta pemasarannya.

“Oleh karena itu hari ini kita mencoba lemang dengan berbagai rasa varian dan topping. Nantinya kita juga akan mendorong masuknya lemang ini ke restauran-restauran atau kafe sebagai menu pembuka atau penutup hidangan. Sehingga kuliner lemang benar-benar menjadi ciri khas Kota Tebingtinggi,” imbuh Wali Kota.

BACA JUGA:  Pj Bupati Labuhanbatu Pimpin Apel Ops Ketupat Toba 2021

Ditambahkan Umar Zunaidi, kreatifitas inovasi adalah untuk membuat standar lemang itu dalam bentuk ukuran maupun rasa, baik melalui olahan tradisional maupun melalui tehnologi.

Namun lemang tradisional perlu juga dilestarikan agar konsumen tahu perbandingan rasa lemang tradisional dan lemang modren.

Sementara terkait dengan pengembangan lemang dan komoditi UMKM ini, Wali Kota Tebingtinggi berharap agar ini disertai keterangan komposisi bahan makanan, label halal dan ada keterangan dari BPOM sebagai bentuk kualitas makanan yang akan dipasarkan.

BACA JUGA:  Edy Rahmayadi Ajak Wartawan Sosialisasikan Larangan Mudik

Kegiatan juga dirangkaikan dengan penyerahan hadiah dan sertifikat lomba Kampung Tangguh 2020, Desain Motif Batik dan Inovasi TTG 2020, yang juga turut dihadiri Ketua Tim LPPM USU Dr Achmad Delianur Nasution, Ketua DPRD Tebingtinggi Basyaruddin Nasution, Sekda M Dimiyathi, para Pimpinan OPD, Ketua Darma Wanita serta para Camat dan Lurah Kota Tebingtinggi. (*)

 

Reporter : Ronald Pasaribu
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

DWP Langkat Gelar Pertemuan Bulanan

Editor prosumut.com

800.000 ASN & 25.000 TNI/Polri Bakal Pindah ke Ibukota Baru

Val Vasco Venedict

Teken MoU dengan Gubernur, Langkat Bergegas Menuju Kota Layak Anak

Editor prosumut.com