Prosumut
Kesehatan

Distribusi Vaksin Termin Kedua ke Daerah Tunggu Instruksi Kemenkes

EPAPER

PROSUMUT – Vaksin Covid-19 termin kedua tiba di Sumatera Utara (Sumut), Jumat 15 Januari 2021. Sebanyak 34.840 vial vaksin tersebut kini disimpan di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Sumut, Jalan Prof H.M Yamin Medan.

Kepala Bidang Sumber Daya Manusia Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Sumut Sri Suriani Purnamawati menyampaikan, untuk distribusi pihaknya masih menunggu instruksi dari Dirjen P2P Kemenkes RI.

“Jadi masih menunggu lagi. Karena pemberian vaksin ini kan (dilakukan) 2 kali,” ungkap Sri saat ditemui di ruangannya.

Sri menjelaskan, dari kedua termin tersebut (termin pertama 40.000 vial), Dinas Kesehatan Provinsi Sumut sejauh telah ini telah menerima 74.840 vial vaksin Covid-19. Di mana, sebanyak 34.060 vial sudah didistribusikan untuk masing-masing wilayah di Mebidang.

“Jadi dengan 74 ribu ini bisa untuk 37 ribu SDM Kesehatan yang dapat,” jelasnya.

Hal ini, tambah Sri, lantaran jangkauan vaksinasi bagi SDM Kesehatan telah melebar, sehingga bukan hanya ditujukan bagi Nakes saja, melainkan juga ditambah SDM yang bekerja di bidang kesehatan. Untuk itu, sambung dia, hingga saat ini proses pendataan masih terus dilakukan.

“Nanti kalau memenuhi kriteria akan penerima vaksin akan mendapatkan SMS. Sebab data yang kita masukkan adalah data awal, sehingga bila ternyata memiliki komorbid nanti akan terseleksi dan tidak akan mendapatkan SMS,” pungkasnya. (*)

Reporter : Nastasia
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Akibat Covid-19, Dokter Paru di Medan Meninggal

admin2@prosumut

Hallobumil Gandeng YOPI Cegah Preeklamsia pada Ibu Hamil

Editor Prosumut.com

Kasus Covid-19 Menurun, Sumut Sudah Tak Ada Zona Merah Lagi

Editor Prosumut.com