Prosumut
Kesehatan

20 Orang Pertama Divaksin Covid-19 di Sumut, Gubernur Mengawali

EPAPER

PROSUMUT – Setidaknya ada 20 orang menjadi yang pertama diberikan sutikan vaksin Covid-19 (Sinovac) untuk Provinsi Sumatera Utara (Sumut), dimana liima diantaranya yakni Gubernur, Kapolda, Kajati, Kasdam I/BB dan Wakil Ketua DPRD di Aula Tengku Riza Nurdin, Jalan Sudirman Nomor 41 Medan, Kamis 14 Januari 2021.

Berikutnya menyusul para penerima vaksin yakni Ketua Pengadilan Tinggi Medan, Kabinda Sumut, Pangkosek Hanudnas III, Danlantamal I Belawan dan lainnnya sekitar 20 orang pertama, sebagai penanda dimulainya vaksinasi Covid-19 di Sumut.

Tahapan vaksinasi dimulai dengan pendaftaran dan cek kesehatan terlebih dahulu. Selanjutnya, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menuju tempat vaksinasi.

BACA JUGA:  Komite PPI RSUP HAM Sosialisasikan Cuci Tangan ke Pengunjung 

Mengenakan kaos lengan pendek bertulis Levis Indonesia, Gubernur dengan tenang duduk di kursi dan menerima suntikan vaksin oleh dr Handoyo.

Usai disuntik vaksin, Edy mengaku tidak merasakan efek samping yang lain selain rasa suntikan ke bagian lengannya. “Setelah divaksin, rasanya saya semakin sehat,” ungkap Edy.

Menurutnya, vaksin adalah solusi yang sudah direncanakan untuk kepentingan rakyatnya, dalam memutus atau memperkecil perkembangan Covid-19.

“Kalau darurat kiat tidak punya pilihan, kita harus diikuti vaksin ini, saya tak berharap menjalankan sanksi, namun inilah panggilan bangsa dan negara bersama-sama kita mengikuti untuk mensejahterakan rakyat kita semua,” ujar Edy.

BACA JUGA:  Komite PPI RSUP HAM Sosialisasikan Cuci Tangan ke Pengunjung 

Ia pun mengklaim bahwa vaksin Covid-19 aman diberikan kepada masyarakat. Sebelumnya Edy juga menyebutkan, sebagai orang pertama divaksin, maka apa yang terjadi (efek samping) pada dirinya, akan menjadi acuan penggunaan di Sumut.

Sementara Koordinator Medis dan Paramedis Satgas Penanganan Covid-19 Sumut Restuti Hidayani menyampaikan, setelah vaksinasi perdana di Aula Tengku Rizal Nurdin, vaksinasi akan dilakukan di wialyah Medan, Binjai dan Deliserdang (Mebidang).

Sedangkan Dokter Handoyo yang memberikan suntikan kepada Gubernur mengatakan, usai divaksin, penerima vaksin harus menunggu kejadian pascaimunisasi selama 30 menit. Namun Handoyo mengharapkan tidak terjadi hal apapun usai vaksinasi.

BACA JUGA:  Komite PPI RSUP HAM Sosialisasikan Cuci Tangan ke Pengunjung 

“Vaksinasi adalah salah satu jalan keluar dari wabah pandemi, vaksinasi dapat membentuk kekebalan, meski ada vaksin,  protokol kesehatan tetap kita jalankan,” kata Handoyo. (*)

 

Penerima vaksin pertama di Sumut

Gubernur Sumut H Edy Rahmayadi
Kapolda Sumut Martuani Sormin
Kajati Sumut Ida Bagus Nyoman
Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani
Ketua Pengadilan Tinggi Medan Setyawan Hartono
Kasdam I/BB Didied Pramudito
Kabinda Sumut Ruruh A Setyawibawa
Pangkosek Hanudnas III Erson S B Sinaga
Danlantamal I Belawan I Made Wahyu Santoso, dan lainnya.

 

Reporter : Nastasia
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Bersama Muspika Perbaungan, Anggota DPRD Sergai Disinfektan Fasum

admin2@prosumut

Vaksin Ampuh Bunuh Wabah Menular

Pro Sumut

Kenali Tanda-tanda Tekanan Darah Tinggi…

Editor prosumut.com