Prosumut
Media

PWI Langkat Usul Penyelenggaraan UKW ke Bupati

EPAPER

PROSUMUT – Raker PWI Langkat untuk penyelenggaraan UKW dalam waktu dekat ini langsung mendapat sambutan baik dari Bupati Terbit Rencana PA. Hal tersebut diketahui melalui audiensi yang dilakukan pengurus PWI Langkat di kediaman pribadi Terbit, Desa Raja Tengah Kecamatan Kuala, Kamis 7 Januari 2021.

Suasana penuh keakraban dan membaur hangat yang diberikan Bupati saat Ketua PWI Langkat Darwis Sinulingga beserta pengurus mendatangi kediamannya. Darwis menyatakan, PWI mengajak Pemkab bersinergi dalam mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati pada tupoksi publikasi dengan menyelenggarakan UKW di Langkat.

Tujuan digelar UKW, katanya, untuk melahirkan insan pers yang memiliki kredibilitas dan berkualitas.

“UKW juga menciptakan wartawan berintegritas. Yakni mampu bersikap adil, sehingga dapat mengemas berita dengan seimbang sesuai kode etik jurnalistik,” ujarnya.

Jadi, sambung Darwis, wartawan yang sudah UKW, dapat menjadi kontrol sosial sesuai yang diamanatkan pada UU Pers No 40 Tahun 1999. Dengan begitu, meminimalisir bertebarannya opini negatif, sinis dan menghakimi pada pemberitaan di tengah masyarakat Langkat.

“Yakni meluruskan isu yang tidak benar, di tengah masyarakat dengan memberikan pemahaman yang baik dan mengedukasi, serta dapat meletakkan sesuatu pemberitaan sesuai tempatnya, tidak asal buat berita,” cetusnya.

Dengan terlaksananya UKW, sambung Darwis, PWI akan semakin memiliki banyak anggota yang berkompetensi. Sehingga dapat mengangkat segala prestasi dan pencapaian pembangunan yang telah diraih Pemkab Langkat.

Termasuk program yang masih berjalan dan belum tercapai. Agar pembangunan di Langkat terus terkontrol dan berjalan sesuai tujuan yang disepakati bersama.

“PWI akan dapat menjadi corong informasi, antara Pemkab dan masyarakat. Sehingga masyarakat tau apa yang telah dikerjakan Pemkab dalam membangun Langkat,” ujarnya.

Selain pelaksanaan UKW, Darwis mengusulkan kepada Bupati, untuk mengagendakan pertemuan satu kali dalam sebulan, antara PWI dengan Pemkab Langkat, guna mendiskusikan arah kebijakan komunikasi publik.

Serta meminta dukungan, Koperasi PWI yang baru saja terbentuk, guna peningkatan kesejahteraan dan profesionalisme para anggota PWI.

Saat ini PWI Langkat memiliki 32 anggota terdiri dari wartawan media cetak, online, televisi dan radio. Sebanyak 25 orang diantaranya, sudah menjadi anggota biasa (sudah UKW).

Menanggapi hal itu, Bupati mengaku siap mendukung semua usulan yang disampaikan PWI Langkat. Baik pelaksaan UKW, pertemuan bulanan dan mensinergikan arah kebijakan komunikasi publik.

Ia juga berpesan bahwa tidak ada manusia yang tidak memiliki kesalahan. Untuk itu, diminta kepada PWI agar mampu membenarkan hal yang memang benar, dan sebaliknya terkait pembangunan di Langkat.

“Sebab kami (Pemkab) juga perlu untuk dikoreksi dan diberi masukan, sebagai bahan interopeksi serta evaluasi guna kemajuan Langkat. Ingat Langkat adalah negeri bertuah, saat ini kita semua menginjak tanah Langkat, jadi mari kita berbuat yang baik untuk mendapatkan tuahnya,” pungkasnya.

Bupati mengucapkan selamat atas terpilihnya Darwis Sinulingga sebagai ketua PWI Langkat periode 2020-2023. (*)

 

Reporter : Muhammad Akbar
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Kajari Langkat Dukung Pelaksanaan UKW

Editor Prosumut.com

Dewan Pers Siapkan Aturan Baru, Sayapi Media Online

Val Vasco Venedict

SMSI & AMSI Resmi Konstituen Dewan Pers

valdesz