Prosumut
Kesehatan

Sebanyak 40 Persen Ruang Isolasi Covid-19 di Sumut Terisi

EPAPER

PROSUMUT – Dinas Kesehatan Sumut mengklaim ketersediaan ruang isolasi Covid-19 masih aman. Saat ini, hanya sekitar 40 persen yang terisi.

“Aman, 40 persen ruang isolasi dan ICU di rumah sakit yang terisi. Selebihnya, 60 persen ruangan yang masih kosong,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahit Hasibuan kepada wartawan, Kamis 7 Januari 2021.

Terkait kabar Rumah Sakit Rujukan Covid-19 penuh dan ada pasien yang terlantar terpaksa dirawat di rumah sakit lain dengan biaya sendiri, Alwi membantahnya.

BACA JUGA:  Komite PPI RSUP HAM Sosialisasikan Cuci Tangan ke Pengunjung 

“Informasi-informasi yang kurang jelas jangan dijadikan referensi. Pasien itu (Covid-19) tidak ada ditelantarkan dan bayar sendiri,” katanya.

Alwi juga menuturkan, RS Martha Friska Multatuli Medan sebagai tempat rujukan Covid-19 saat ini sedang dilakukan proses pengalihan ke rumah sakit lainnya. Pengalihan itu dilakukan karena gedung dan fasilitas yang ada hanya bersifat meminjamkan kepada pemerintah.

“Peminjaman hanya sampai bulan Desember 2020. Sudah lewat waktunya, jadi mau kita alihkan ke rumah sakit lainnya seperti RS Haji Medan dan RS GL Tobing. Saat ini kita sedang menyiapkan rumah sakit penggantinya,” ungkap dia.

BACA JUGA:  Komite PPI RSUP HAM Sosialisasikan Cuci Tangan ke Pengunjung 

Diketahui, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pusat menyebut ketersediaan ruang isolasi dan ICU di tingkat nasional sudah mencapai 70 persen.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan, meski kini masih tersisa kapasitas tempat tidur sebesar 30 persen, masyarakat diminta patuhi protokol kesehatan.

BACA JUGA:  Komite PPI RSUP HAM Sosialisasikan Cuci Tangan ke Pengunjung 

“Di beberapa daerah untuk pengisian tempat tidur ICU dan isolasi per 2 Januari 2021, sudah melebihi 70 persen. Ini telah terjadi di DKI Jakarta, Banten, Yogyakarta, Jabar, Sulawesi Barat, Jateng, Jatim, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah. Hal ini dapat menjadi alarm bagi kita sedang dalam darurat,” kata Wiku, Rabu 6 Januari 2021. (*)

 

Reporter : Rayyan Tarigan
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : Istimewa (kiri)

Konten Terkait

Positif Covid-19 di Sumut Kembali Bertambah 16 Orang

admin2@prosumut

Terkait Covid-19, Personel Polda Sumut Disemprot Disinfektan

admin2@prosumut

Data Terbaru Covid-19 Sumut, Sudah 4.693 Kasus

admin2@prosumut