Prosumut
Kesehatan

Vaksin Covid-19 Tiba di Sumut, Dibagi 14 Januari 2021

EPAPER

PROSUMUT – Sebanyak 40 ribu vaksin Coid-19 tiba di Sumatera Utara (Sumut) melalui Bandara Internasional Kulanamu, Selasa pagi 5 Januari 2021, dan diterima Gubernur Sumut H Edy Rahmayadi di kediaamn dinasnya, Jalan Sudirman Nomor 41 Medan.

Sementara untuk program vaksinasinya direncanakan akan dibagikan mulai 14 Januari 2021. Selanjutnya Vaksin Sinovac akan disimpan di gudang Dinas Kesehatan Sumut di Jalan HM Yamin Medan dengan pengawalan ketat.

BACA JUGA:  Data Terbaru Kasus Covid-19 Sumut, 5 Orang Meninggal

“Saat ini vaksin memang difokuskan untuk tenaga kesehatan, sebanyak 72.451 orang total tenaga kesehatan kita yang ada di Sumut, yang kita ajukan untuk diberikan vaksin, tanggal 14 Januari sudah harus kita mulai melakukan vaksinani,” ujar Edy Rahmayadi.

Untuk menghapus keraguan tentang keamanan vaksin yang sempat muncul di tengah masyarakat, Edy berharap menjadi orang  pertama disuntik vaksin di daerah ini.

BACA JUGA:  Kasus Baru Positif Covid-19 Sumut Melonjak, Tambah 115 Orang

“Karena ini akan divaksin kepada rakyat saya, tak apa saya yang pertama kali divaksin untuk memastikan rakyat saya aman,” ujar Edy.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit menjelaskan, pemberian vaksin akan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, metodenya penyaluranya masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari Pemerintah Pusat.

BACA JUGA:  Viral Bayi Diduga Dicovidkan, Reaktif Belum Tentu Positif

Termasuk apakah 40.000 vaksin tersebut diberikan langsung untuk 20.000 orang tenaga kesehatan, sebab satu orang akan disuntik vaksin sebanyak dua kali.

“Bisa jadi juga 40.000 vaksin untuk 40.000 orang Nakes (tenaga kesehatan), kita akan tunggu kabar dari Pemerintah Pusat, kapan vaksin selanjutnya masuk,” ujarnya. (*)

 

Reporter : Nastasia/Rayyan Tarigan
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Wali Kota Medan Terkejut Warganya Diduga Terserang Flu Singapura, Sebut Belum Terima Laporan

Ridwan Syamsuri

Tambah 134, Kasus Konfirmasi Covid-19 di Sumut Jadi 6.300 Orang

admin2@prosumut

Lawan Covid-19, Alodokter Pilih TikTok untuk Sajikan Informasi yang Kredibel

admin2@prosumut