Prosumut
Public Service

Libur Tahun Baru, Ini Imbauan Dirut RSUP HAM

EPAPER

PROSUMUT – Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) mengimbau seluruh masyarakat Sumatera Utara untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, terutama selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Protokol kesehatan yang dimaksud adalah kampanye 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan tindakan pencegahan dengan menjalankan protokol kesehatan 3M. Hati-hati dalam melakukan perjalanan selama liburan dan tetap patuhi protokol kesehatan selama berlibur. Mari kita bekerja sama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” imbau dr Zainal, Selasa 29 Desember 2020.

BACA JUGA:  Ombudsman Minta PDAM Tirtanadi Batalkan Pencatatan Meteran Android

Imbauan ini dilakukan untuk mencegah peningkatan penularan Covid-19 dan mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 selama libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan menjadi salah satu upaya terbaik dalam menekan penularan Covid-19, dan sekaligus membantu meringankan tugas tenaga kesehatan.

“Rumah sakit hanya sebagai garda terakhir dalam menangani pandemi Covid-19. Jadi semua itu ada pada masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19. Karena kalau terjadi peningkatan yang tinggi sekali, maka rumah sakit akan kewalahan, tenaga medis akan kelelahan,” tambah dr Zainal mengingatkan kembali.

Terkait dengan kesiapan dalam pelayanan kasus Covid-19, saat ini RSUP HAM telah memiliki total 109 tempat tidur (TT) di 7 (tujuh) ruang isolasi.

BACA JUGA:  Ombudsman Minta PDAM Tirtanadi Batalkan Pencatatan Meteran Android

Jumlah ini terbagi atas 15 TT di Ruang Isolasi Tekanan Negatif, 28 TT di Ruang Rawat Isolasi Rindu A1, 11 TT di Ruang Rawat Isolasi Rindu A, masing-masing 4 TT di Ruang Rawat Isolasi Rindu A1.1 dan Rindu A1.2, serta 8 TT di Ruang Isolasi Perinatologi untuk pasien bayi.

Kemudian, yang baru diresmikan adalah 39 TT di Ruang Rawat Isolasi Rindu A3.

Sementara itu, RSUP HAM juga telah menyiagakan tenaga kesehatan agar tetap dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru 2021 melalui Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang melayani 24 jam.

BACA JUGA:  Ombudsman Minta PDAM Tirtanadi Batalkan Pencatatan Meteran Android

Rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan ini pun telah menyiapkan obat-obatan dan segala kebutuhan lainnya untuk menghadapi kemungkinan lonjakan pasien.

RSUP HAM juga siap menerima rujukan pasien dari rumah sakit lain melalui aplikasi Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi (Sisrute) dan call center 061-8363000.

Selain itu, pelayanan Haemodialisa, Kemoterapi One Day Care (ODC) dan Poliklinik Metadon pun tetap dibuka untuk melayani pasien sesuai jadwal.

Sedangkan pelayanan Instalasi Rawat Jalan dan Poli Eksekutif akan tutup sementara selama liburan, dan dibuka kembali pada hari kerja. (*)

 

Reporter : Nastasia
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Pelayanan Kelurahan dan Kecamatan Buruk? Laporkan di “Salat Subuh Berjamaah”

Ridwan Syamsuri

Lapor Pak Bupati Sergai! Sampah Berserakan di Akses Menuju Objek Wisata

Ridwan Syamsuri

Gubsu Diminta Sisihkan Lahan Eks PTPN II untuk Makam

Ridwan Syamsuri