Prosumut
Public Service

Bupati Instruksikan Puskesmas Stungkit Beroperasi

EPAPER

PROSUMUT – Pemkab Langkat kembalii mengaktifkan Puskesmas Stungkit karena mengutamakan rasa kemanusiaan sebagaimana yang diamanatkan dalam pasal 28 H UUD 1945 yakni, setiap rakyat Indonesia berhak memperoleh pelayanan kesehatan. Artinya, pengaktifan kembali bukan karena masih Pandemi Covid-19 saja.

Bupati Langkat Terbit Rencana PA menginstruksikan Dinas Kesehatan, untuk segera mengaktifkan Puskesmas yang berada di Desa Stungkit Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, yang baru dibangun.

“Allhamdullih kini Puskemas di Stungkit telah kita aktifkan dan dapat menjalankan fungsinya” sebut Bupati Langkat, di Rumdis Bupati Langkat, Stabat, Sabtu 26 Desember 2020.

Tujuan diaktifkannya puskesmas ini sambung Bupati, agar seluruh masyarakat yang ada di Stungkit mendapatkan pelayanan kesehatan dengan lebih baik. Mengingat lokasi Desa Stungkit berada di pedalaman, berjarak agak jauh dari rumah sakit umum.

Dengan adanya Puskesmas Stungkit, masyarakat sekitar mendapat pelayanan kesehatan lebih cepat dan lebih baik.

Jadi, tambah Bupati, diharapkan keberadaan Puskemas tersebut, mempermudah masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan untuk berobat atau sekedar memeriksakan kesehatan.

“Terlebih dalam masa pandemi covid-19 ini kita harus lebih serius memperhatikan masalah kesehatan. Puskesmas ini, diharapkan dapat mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan. Sebab Desa Stungkit berada di pedalaman,” ujarnya.

Ia menegaskan, Pemkab Langkat juga selalu memperhatikan pelayanan kesehatan di seluruh Puskemas maupun Pustu yang ada di Langkat. Agar masyarakat Langkat mudah mendapatkan pelayanan kesehatan secara baik.

Plt Kepala Dinas Kesehatan dr Sadikun Winato, MM didampingi Kapus Stungkit dr H Rudi Rahmadsyah Sambas saat dikonfirmasi mengatakan  pengaktifan Pukesmas ini atas intruksi Bupati Langkat agar masyarakat dapat menikmati pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Saat ini petugas puskesmas Stungkit  berjumlah 30 orang, terdiri seorang dokter (Kepala Puskesmas), 2 petugas tata usaha, 1 petugas asisten apoteker dan terdapat 25 petugas lainnya (perawat dan bidan).

Kata dr. Sadikun, masyarakat Stungkit dan sekitarnya dapat berobat dan memeriksakan kesehatan di Puskesmas Stungkit. Tanpa harus jauh-jauh keluar desa seperti sebelumnya.

“Puskemas ini sudah memiliki petugas dan peralatan yang baik, masyarakat bisa berobat kemari,” sebutnya. (*)

 

Reporter : Muhammad Akbar 

Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Pemko Medan dan Kodim 0201 BS Lanjut Bersihkan Sungai

Editor prosumut.com

Wali Kota Harap Lahir Pengemudi Jadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

Ridwan Syamsuri

Jika Terbukti Salahi Aturan, Apartemen De Glass Bakal Dirobohkan

Ridwan Syamsuri