Prosumut
Traveling

Jelang Liburan Akhir Tahun, Transaksi Tiket Destinasi Lokal Meningkat 

PROSUMUT – Jelang liburan akhir tahun 2020, transaksi rata-rata harian tiket melalui pionir Online Travel Agent (OTA) di Indonesia, tiket.com ke destinasi lokal di Indonesia meningkat sebesar 60 persen. Sedangkan untuk pemesanan tiket penerbangan, 118 persen, reservasi hotel dan 172 persen untuk pembelian tiket wisata aktifitas Tiket To Do.

Hal ini dikatakan Co-Founder and Chief Marketing Officer tiket.com, Gaery Undarsa,  dalam acara virtual akhir tahun,  Rabu 23 Desember 2020. Menurutnya, melalui program OTW Lokal 2020, transaksi harian pembelian tiket pesawat tersebut hingga 60 persen dibandingkan seminggu sebelum ajang OTW Lokal berlangsung.

“Dimana sebanyak 79 persen tiket pesawat yang dipesan itu untuk liburan awal Desember penerbangan ke top 5 destinasi wisata, yaitu Surabaya, Medan, Bali, Makassar, dan Yogyakarta,” ujarnya.

Kemudian 20 persen dari porsi total tiket pesawat yang terjual pada ajang OTW Lokal kemarin, dibeli oleh masyarakat untuk liburan perayaan tahun baru yang diteruskan hingga pertengahan Januari 2021.

“OTW Lokal berikan kontribusi 8 kali lipat untuk pembelian tiket pesawat bila dibandingkan dengan total transaksi keseluruhan pembelian tiket pesawat pada bulan-bulan sebelumnya. Ini menujukkan pemulihan dalam industri penerbangan dan perjalanan bila dibandingkan pada kuartal sebelumnya,” kata Gaery.

Sementara untuk data transaksi fitur Tiket To Do (TTD) dari pelanggan selama OTW Lokal melompat 172 persen atau hampir dua kali lipat dibandingkan dengan pelanggan seminggu sebelum OTW Lokal.

Berdasarkan periode liburan, 97 persen pelanggan membeli tiket wisata aktifitas untuk awal Desember 2020 dan sisanya untuk liburan tahun baru hingga pertengahan Januari 2021.

“Untuk top 5 kota destinasi dengan obyek wisata populer dalam fitur Tiket To Do adalah Jakarta dan Banten, Jawa Barat, Sumatera, Bali, dan Jawa Timur,” imbuhnya.

Untuk data transaksi pemesanan hotel pada November, permintaan pemesanan diberbagai destinasi wisata, seperti Bali dan Yogyakarta, berhasil memecahkan rekor transaksi bulanan tertinggi sepanjang tahun 2020, hingga melonjaknya transaksi harian pemesanan hotel yang mencapai 118 persen bila dibandingkan seminggu sebelum periode OTW Lokal.

“Mayoritas transaksi pemesanan hotel diperuntukkan untuk menginap pada awal Desember, liburan akhir tahun hingga pertengahan Januari dan, sisanya untuk sepanjang 2021. Hotel-hotel terpopuler terletak di kota-kota wisata favorit, seperti Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta,” imbuhnya.

Dilanjutkannya, prestasi ini mengukuhkan peran tiket.com sebagai pioneer OTA Indonesia yang siap menjadi pertama membantu pemerintah membangkitkan pariwisata nasional dan menggerakan ekonomi nasional serta membantu pelaku usaha di sektor dan sub-sektor pariwisata berjaya seperti sebelumnya.

Gratis Swab

Untuk memudahkan pelanggan berlibur, tiket.com berikan Test Swab Antigen secara Gratis senilai Rp 250,000 untuk penumpang Citilink Indonesia dengan rute domestik, dan potongan diskon sebesar Rp 205,00 Test Swab PCR dan potongan Rp 50,000 Test Swab Antigen untuk seluruh maskapai (kecuali Citilink) dengan rute dan tujuan yang memberlakukan aturan penecekan swab PCR atau antigen, dengan jadwal terbang 19 Desember – 08 Januari 2021.

“Kami juga berikan asuransi perjalanan, tiket Free Protection, yang memberikan perlindungan jiwa, biaya pengobatan akibat kecelakaan, serta kompensasi pembatalan perjalanan,” katanya.

Tahun 2021 menandai sebuah momentum historik dalam sejarah tiket.com, yaitu perayaan usia ke-10. Berdasarkan rencana kerja 2021, tiket.com akan berupaya untuk menjadi yang pertama dalam mendorong jajaran kampanye dan berbagai aktivitas sebagai bagian dari misi pemulihan industri pariwisata Indonesia.

“Salah satu langkah nyata adalah kemitraan eksklusif antara BCA dan tiket.com sebagai partner pemesanan tiket pesawat, hotel, dan tiket kereta api yang kesemuanya ini tersedia dalam menu Lifestyle BCA Mobile pada platform mobile banking BCA,” katanya.

Sementara EVP Transaction Banking Business Development, PT Bank Central Asia Tbk, I Ketut Alam Wangsawijaya, menjelaskan, secara menyeluruh pada Q4 pembelanjaan kategori travel mengalami peningkatan dibandingkan kuartal sebelumnya.

“Travel memang sudah menjadi kebutuhan masyarakat termasuk nasabah BCA, namun kondisi pandemi diharapkan masyarakat maupun pelaku industri diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik, sehingga tetap aman dan nyaman. Untuk kemudahan  dalam pemilihan keperluan travel, beragam inovasi kemudahan pun diluncurkan oleh BCA, salah satunya adalah fitur pemesanan hotel, tiket pesawat, dan tiket kereta api pada mobile banking BCA, yang kami beri nama Mobile BCA Lifestyle,” tambah Ketut. (*)

 

Reporter : Nastasia
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : Istimewa

Konten Terkait

Travelling Buat @Mister_Randii Jadi Youtubers Hits

admin2@prosumut

30 Juta Data Penumpang Lion Air Grup Diduga Bocor, Diperjualkan di Pasar Gelap!

valdesz

Ini Baru Terobosan, Akhirnya Grab Beroperasi di Kawasan Wisata Danau Toba

Editor prosumut.com