Prosumut
Hiburan

Audisi LIDA 2021 Jangkau Talenta Muda Berbakat di Sumut

PROSUMUT – Mendulang kesuksesan pada setiap kompetisinya, ajang pencarian bakat menyanyi dangdut yang dianugerahi sebagai “Program Pencarian Bakat dengan Peserta dari Provinsi Terbanyak” oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) yaitu Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2021 segera hadir kembali di Indosiar.

Pada audisi pencarian bakat pedangdut LIDA 2021 yang digelar secara online di 34 kota besar Indonesia, termasuk kota Medan, Sumut, Jumat 4 Desember 2020.

Audisi yang digelar secara virtual itu antara lain dilakukan interview dengan juri LIDA dirangkai interview peserta audisi daring.

GM Acquisition Local Indosiar, Linda Wibisono menyebutkan, memasuki tahun keempat, kompetisi dangdut terbesar tanah air ini akan kembali menjaring talenta-talenta muda berbakat melalui audisi yang digelar secara daring di 34 Provinsi di Indonesia mulai 15 November 2020 sampai 29 Januari 2021 mendatang.

Menurutnya audisi LIDA 2021 dilakukan secara daring ini selain karena kondisi pandemi yang belum juga usai juga sebagai upaya memenuhi animo masyarakat dan tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

“Pada audisi tahun-tahun sebelumnya peserta harus menempuh perjalanan berjam-jam dari rumah menuju lokasi audisi yang digelar di Ibukota Provinsi atau Kabupaten. Jadi dengan audisi online ini kita memberikan kemudahan dan efisien bagi talenta muda berbakat,” ungkap Linda.

Melalui audisi daring LIDA 2021 ini diharapkan nantinya akan tampil duta-duta dangdut terbaik dari provinsi Indonesia dari barat hingga timur dengan membawa beragam kekayaan adat dan budaya daerahnya.

Sementara itu pada interview peserta audisi daring itu tampil tiga peserta yang masing-masing menyebutkan alasan dan tujuannya mengikuti ajang pencarian bakat pedangdut melalui audisi LIDA 2021 yang digelar Indosiar.

Seperti diungkapkan Ely yang mengaku siap “berlaga” dengan peserta lainnya. Meskipun kompetisi ini diakuinya baru pertama kali diikuti tapi optimis dan berusaha dengan keras untuk bisa lolos dan tampil di Jakarta.

Menurut gadis berusia 18 tahun ini, dia akan memadukan dangdut rock sebagai ciri khasnya, sehingga selain akan membawakan lagu wajib “Ditikam Asmara” juga lagu “Hari Berbangkit” sebagai lagu pilihannya.

Ungkapan optimis bisa merebut tiket untuk berkompetisi tingkat nasional juga disampaikan Ari. Pria berusia 19 tahun asal Tukka Tapanuli Tengah ini mengaku ikut LIDA merupakan yang kedua kalinya setelah gagal pada 2019.

Sebagai putra dari pemilik usaha hiburan keyboard, Ari menyebutkan motivasinya mengikuti LIDA ini karena ingin jadi penyanyi dangdut professional dan menghibur masyarakat serta membahagiakan orangtuanya.

Audisi LIDA 2021 yang dilakukan secara daring ini menurutnya sangat tepat dilakukan di saat pandemi Covid-19 dan lebih efisien baik waktu maupun menghemat biaya.

Bahkan Ari mengaku tidak gentar mengikuti audisi daring dan siap penuh semangat dengan sistem kompetisi yang dilakukan penyelenggara.

Seperti diketahui sebelumnya LIDA baru saja menobatkan Meli LIDA (Jawa Barat) sebagai juara LIDA 2020 menyusul kesuksesan Selfi LIDA (Sulawesi Selatan) juara LIDA 2018 dan Faul LIDA (Aceh) juara LIDA 2019.

Direktur Programming SCM, Harsiwi Achmad menyebutkan audisi LIDA 2021 secara daring ini bisa memberi kesempatan bagi peminat karena waktu pendaftaran yang panjang, sehingga akan membuat calon peserta bisa lebih matang mempersiapkan diri sampai menjelang hari audisi online.

Audisi online LIDA 2021 dapat diikuti pria maupun wanita berumur 14–25 tahun (kelahiran tahun 1996– 2007) yang memiliki bakat menyanyi lagu dangdut/ Melayu.

Calon peserta dapat mendaftar melalui website: www.indosiar.com dengan mengisi formulir secara daring berupa data diri, antara lain kartu identitas, foto terbaru full body dan close up.

Tiap calon peserta juga harus mengupload 2 video cover di IGTV pribadi dengan menyanyikan lagu dangdut yang sudah ditentukan baik bertempo cepat (Up Beat) maupun tempo lambat (Slow Beat).

Link video yang sudah diupload ke IGTV kemudian dimasukkan pada form pendaftaran di kolom yang tersedia untuk proses penjurian.

Akun instagram yang digunakan untuk mengunggah video tidak dalam kondisi private atau terkunci.

Sedangkan lagu yang harus dibawakan peserta dalam video cover adalah “Gejolak Asmara” (Up Beat) dan “Tiada Tara (Slow Beat) untuk peserta pria.

Untuk lagu “Ditikam Asmara” (Up Beat) dan “Kulepas Dengan Ikhlas (Slow Beat) wajib dinyanyikan peserta wanita.

Seluruh lagu dinyanyikan secara full dan merupakan suara asli (tanpa mixing dan aplikasi) dan tanpa alat musik.

Nantinya pendaftar terpilih akan dihubungi langsung oleh pihak Indosiar untuk mengikuti audisi daring via aplikasi zoom dan dinilai langsung oleh juri-juri dari Indosiar.

Informasi lebih lanjut mengenai audisi online LIDA 2021 dapat diakses melalui website resmi di www.indosiar.com, Instagram: @indosiar, Twitter: @indosiar dan Facebook: IndosiarID.TV. (*)

 

Reporter : Nastasia
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Peringati Hari Musik, Ini PR Terbesar Musisi: Redrafting RUU Permusikan

Val Vasco Venedict

Ini Namanya Legendaris, Barang Rongsokannya pun Laku Rp11 Miliar

valdesz

Bumi Manusia, Menerjemahkan Pikiran Sastrawan Pram ke dalam Film

Val Vasco Venedict